Home / Berita / Internasional / Asia / Ini Poin Pembahasan Perundingan Tidak Langsung Hamas-Israel

Ini Poin Pembahasan Perundingan Tidak Langsung Hamas-Israel

Musa Abu Marzuq, anggota Biro Poltik Hamas (felesteen.ps)
Musa Abu Marzuq, anggota Biro Poltik Hamas (felesteen.ps)

dakwatuna.com – Gaza. Anggota Biro Politik Hamas, Musa Abu Marzuq pada hari Senin (20/10/2014) sore kemarin menegaskan, bahwa perundingan tidak langsung dengan Israel yang dimediasikan oleh pihak Mesir akan berlangsung di ibukota Kairo pada tanggal 27 bulan Oktober ini.

Abu Marzuq mengatakan, bahwa pertemuan tersebut akan mengikutsertakan berbagai faksi perlawanan, dan kelompok nasional lainnya, yang sebelumnya telah menggelar pertemuan internal sebelum hari Idul Adha kemarin.

Petinggi di jajaran Hamas ini kemudian menjelaskan, bahwa perundingan nanti akan membahas beberapa hal. Yang paling utama menurutnya adalah terkait dengan tuntutan atas nama kemanusiaan dan keadilan, seperti mewujudkan keberadaan pelabuhan internasional di Jalur Gaza, dan mengaktifkan kembali bandara internasional di Jalur Gaza yang berada di kota Rafah. Kemudian perluasan teritorial laut bagi Gaza, termasuk didalamnya menyelesaikan kasus kejahataan yang dilakukan penjajah Israel setiap hari kepada para nelayan Palestina. “Kami juga akan menuntut hak sebagai warga Palestina untuk dapat menyeberang dari Jalur Gaza menuju Tepi Barat, dan mengizinkan kepada warga Palestina untuk dapat sholat di masjid Al-Aqsha,” jelas Abu Marzuq.

Ia kemudian mengatakan bahwa ada sinyal positif dari pihak Israel, yang dalam sepekan mengeluarkan izin untuk 200 orang warga Jalur Gaza yang ingin melakukan sholat di masjid Al-Aqsha. Pembahasan detailnya tentu akan menjadi tanggungjawab dari pemerintahan bersatu Palestina.

Terkait masa gencatan senjata yang masih berlangsung, Abu Marzuq mengaku pihak perlawanan Palestina akan tetap berkomitmen selama pihak Israel masih berkomitmen pula dengan kesepakatan gencatan senjata tersebut. (msy/fps/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Syarief
Alumni Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Lihat Juga

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General