Home / Berita / Daerah / Lama Tak Hujan, Pemerintah Diimbau Lakukan Shalat Istisqa

Lama Tak Hujan, Pemerintah Diimbau Lakukan Shalat Istisqa

Shalat Istisqa di halaman kantor gubernur Riau. (analisadaily.com)
Shalat Istisqa di halaman kantor gubernur Riau. (analisadaily.com)

dakwatuna.com – Mataram. Pemerintah diimbau untuk melakukan sholat istisqa atau shalat minta hujan jika hujan tidak turun hingga November 2014. Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Pondok Pesantren Nusa Tenggra Barat, TGH Safwan Hakim di Mataram, Jumat (17/10).

Menurut pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kediri Lombok Barat itu, ratusan hektare sawah kekeringan akibat lama tidak turun hujan. “Sekarang ini sudah lama tidak hujan sehingga terjadi kemarau panjang yang menyebabkan ratusan hektare lahan sawah kekeringan,” katanya.

Safwan menjelaskan agama menganjurkan untuk melakukan shalat istisqa jika hujan lama tidak turun-turun. Shalat istisqa dilakukan secara berjamaah di lapangan dengan memakai pakaian yang sederhana. Berbeda dengan pelaksanaan shalat hari raya menggunakan pakaian yang bagus.

Akibat hujan tidak turun, menurutnya, tidak hanya tanaman yang kekurangan air, tapi juga masyrakat karena air sumu rkering.

Safwan juga meminta kepada seluruh santri di seluruh pondok pesantren se-NTB yang jumlahnya ribuan untuk senantiasa berdoa agar daerah NTB yerhindar dari bencana termasuk bencana kekeringan akibat hujan yang tidak turun.

“Beberapa tahun lalu saat terjadi kemarau panjang yang melanda NTB juga pernah dilakukan shalat istisqa di daerah Lendang Dawan, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga yang tinggal di daerah rawan kekeringan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memberikan bantuan air bersih kepada delapan kabupaten dan kota se-NTB masing-masing 40.000 liter per hari. (Ant/inilah/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Upaya Untuk Khusuk Dalam Shalat