Home / Berita / Internasional / Amerika / Sekjen PBB Tuntut Pemerintah Libanon Lucuti Senjata Hizbullah

Sekjen PBB Tuntut Pemerintah Libanon Lucuti Senjata Hizbullah

Sekjen PBB, Ban Ki Moon (islammemo.cc)
Sekjen PBB, Ban Ki Moon (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Sekjen PBB, Ban Ki Moon, meminta pemerintah dan militer Libanon untuk mengambil langkah-langkah efektif guna menghalangi Hizbullah dan kelompok-kelompok bersenjata lainnya di negara tersebut memperoleh logistik senjata yang bertentangan dengan Resolusi PBB No. 1559 tahun 2004.

Ki Moon mengungkapkan keprihatinannya terhadap tidak dipatuhinya sejumlah klausul dalam resolusi tersebut yang menuntut Pemerintah Libanon untuk membubarkan seluruh kelompok bersenjata, serta melucuti persenjataan yang mereka miliki, sehingga pasukan penjaga perdamaian PBB dapat meninggalkan negara tersebut segera.

Hal tersebut disampaikan Ban Ki Moon dalam laporan tengah tahun yang dibahas oleh anggota DK PBB tentang implementasi resolusi tersebut. Ki Moon menegaskan bahwa hingga sekarang Libanon masih menghadapi ancaman yang berbahaya, baik dari dalam negeri sendiri, maupun dari sepanjang perbatasannya dengan Suriah.

Ki Moon menyebutkan bahwa di antara ancaman tersebut adalah pergerakan kelompok-kelompok radikal, penyelundupan senjata, dan terus bertambahnya jumlah pengungsi asing ke negara tersebut.

Lebih lanjut, Ban Ki Moon mengecam sejumlah serangan udara yang dilakukan oleh pemerintah anti revolusi di Suriah di bawah pimpinan Bassar Al-Assad terhadap wilayah Libanon, dan menyebut hal itu sebagai pelanggaran kedaulatan negara tersebut. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Kerusakan yang ditimbulkan serangan bersenjata di Tel Aviv. (i24news)

Dua Orang Israel Tewas dalam Serangan Bersenjata di Tel Aviv

Organization