Home / Berita / Daerah / Demo Tolak Ahok dari Jakarta Hingga Padang

Demo Tolak Ahok dari Jakarta Hingga Padang

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Kompas.com / Kurnia Sari Aziza)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Kompas.com / Kurnia Sari Aziza)

dakwatuna.com – Padang. Aksi demonstrasi menolak Basuki Thahaja Purnama alias Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta tidak hanya terjadi di DKI Jakarta saja, di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) juga terjadi aksi unjuk rasa penolakan Ahok.

Di Padang, aksi berlangsung di Kantor DPRD Sumbar, Kota Padang, Selasa (14/10), aksi itu dilakukan oleh sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Minangkabau (FMM). Mereka melakukan aksi damai sebagai bentuk penolakan pengangkatan Ahok menjadi gubernur DKI Jakarta.

Koordinator FMM, Ibnu Aqhil mengatakan dalam orasinya bahwa Ahok berpotensi merusak keharmonisan atau tatanan kehidupan berbangsa atau Pancasila.

“Intruksi Ahok saat sebagai plt gubernur dengan melarang penjualan hewan qurban di jalan dan pelarangan penyembelihan di sekolah dasar, serta intruksi agar hewan kurban disembelih di RPH yang bertendensi. Hal tersebut menghilangkan esensi ibadah penyembelihan hewan qurban yaitu membesarkan syiar Allah,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Ahok juga sebelumnya melarang tabligh akbar yang sampai menutup jalan karena membludaknya jamaah. Serta pelarangan takbir keliling malam Idul Fitri dan malam Idul Adha dan kebijakan merobohkan mesjid di TIM.

“Di sisi lain Ahok membesarkan syiar Tahun Baru Masehi tahun 2013 ke 2014 dengan menutup jalan Sudirman dan Thamrin Jakarta,” katanya.

Menanggapi aksi itu, Ketua DPRD Sumbar mengatakan akan meneruskan aspirasi demonstran ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “Kami sudah menerimanya, secara jujur kami tidak ada kewenangan. Maka kami akan membuat surat kepada mendagri. Karena yang membawahi seluruh gubernur yang ada di Indonesia agar aspirasi yang di sampaikan demonstran bisa menjadi masukan bagi DKI mengambil keputusan nantinya,” ujarnya. (maf/rol/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Ustadz M Arifin Ilham dan Habib Rizieq Shihab. (Facebook)

Ahok Jadi Tersangka, Ustadz Arifin Ilham: Ini Awal Musibah Bagi Penista Alquran