Home / Berita / Nasional / RZ Layani 27.289 Persalinan Gratis

RZ Layani 27.289 Persalinan Gratis

Bidan Rumah Bersalin Gratis.  (Sari Asih/rz)
Bidan Rumah Bersalin Gratis. (Sari Asih/rz)

dakwatuna.com – Bandung. Hingga Agustus 2014, RZ (Rumah Zakat) telah membantu 27.289 persalinan melalui program Layanan Bersalin Gratis (LBG). Di kota-kota yang sudah didirikan Rumah Bersalin Gratis (RBG), layanan LBG dilakukan di sana. Sementara untuk kota-kota yang belum memiliki RBG, RZ bekerjasama dengan bidan mitra di daerah.

“Saat ini RZ bersama donatur sudah mendirikan 8 RBG di 8 kota. Alhamdulillah di bulan Agustus sendiri, sebanyak 3.207 persalinan tertangani,” ungkap Chief Program Officer RZ Heny Widiastuti, Jumat (10/10/14).

Untuk mendapatkan LBG, para ibu hamil dan suami harus dapat menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW serta mendaftarkan diri minimal saat usia kehamilan menginjak 7 bulan. “Jadi selain mendapatkan layanan persalinan gratis, ibu hamil juga memperoleh layanan pemeriksaan USG secara rutin. Supaya tim medis RZ dapat mengetahui kondisi bayi,” kata Heny.

Salah satu ibu hamil yang memperoleh LBG adalah Adynda Lusiyana (26) yang melahirkan di RBG Medan pada Agustus lalu. Adynda merasa sangat bersyukur karena anaknya bisa lahir dengan selamat tanpa harus mengeluarkan uang.

“Mulai dari awal datang ke RBG, kesannya sangat menyenangkan. Saya sangat puas atas perawatannya. Semua Bidan dan perawat dan semua orang yang ada di sini sangat ramah dan saya merasa seperti dikelilingi keluarga sendiri,” ungkap Adynda.

Selain LBG, di RBG yang dikelola RZ, masyarakat tak mampu juga bisa memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan umum, Posyandu, dan juga khitan. (Asih/rz/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

RZ Salurkan 510 Superqurban di Kampung Nelayan