Home / Berita / Daerah / Hingga Tadi Malam, Gunung Sinabung Terus Bergemuruh dan Keluarkan Awan Panas

Hingga Tadi Malam, Gunung Sinabung Terus Bergemuruh dan Keluarkan Awan Panas

Awan Panas Gunung Sinabung.  (detik.com)
Awan Panas Gunung Sinabung. (detik.com)

dakwatuna.com – Medan.  Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali perdengarkan gemuruh disertai awan panas. Jarak luncurannya kali ini mencapai sekitar 4 kilometer (km).

Luncuran awan panas guguran itu terjadi sekitar pukul 20.40 WIB, Rabu (8/10/2014). Luncurannya mengarah ke sisi selatan gunung. Saat bersamaan abu vulkanik membentuk kolom setinggi hampir 3.000 meter.

Salah seorang warga, Pelin Sembiring mengatakan, suara gemuruh gunung terdengar kuat. Dia sedang berada di Desa Perteguhan, ketika erupsi terjadi.

“Besar kali ini. Ada empat kali terdengar suara gemuruh besar. Ada bunga api terlihat dari jauh,” kata Sembiring.

Sementara Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, aktivitas Gunung Sinabung saat ini memang masih sangat tinggi. Potensi terjadinya letusan dan luncuran awan panas masih tinggi.

“Gempa hybrid masih tinggi dan tremor masih menerus. Ini menunjukkan bahwa potensi letusan masih berpeluang terjadi,” kata Sutopo.

Masyarakat dihimbau tidak beraktivitas pada radius 5 km ke arah tenggara dan selatan dari puncak. Pada arah lain masyarakat dilarang dalam radius 3 km dari puncak.

Sementara pengungsi saat ini tercatat berjumlah 3.287 jiwa atau 1.019 keluarga. Mereka tersebar di 16 titik pengungsian.  (detik/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

RZ Salurkan 9.546 Kornet Superqurban untuk Sinabung

RZ Salurkan 9.546 Kornet Superqurban untuk Sinabung