Home / Berita / Internasional / Asia / Aparat Keamanan India-Pakistan Baku Tembak, Sembilan Warga Sipil di Perbatasan Tewas

Aparat Keamanan India-Pakistan Baku Tembak, Sembilan Warga Sipil di Perbatasan Tewas

Perbatasan India dan Pakistan (islammemo.cc)
Perbatasan India dan Pakistan (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Pakistan. Lima warga sipil dari wilayah Kashmir (yang dikuasai oleh India) dan empat orang lainnya dari Pakistan dilaporkan tewas setelah aparat keamanan kedua negara yang menjaga perbatasan terlibat aksi baku tembak.

Sebagaimana dilaporkan Islam Memo (6/10/2014), kedua negara saling melemparkan tuduhan sebagai pihak yang melakukan aksi penembakan terlebih dahulu, sehingga memperburuk hubungan kedua negara nuklir yang sebelumnya telah terlibat tiga kali peperangan (dua diantaranya disebabkan Kashmir).

Aparat keamanan India menyebutkan bahwa pasukan khusus Pakistan telah menembakkan sejumlah roket ke perkampungan di Kashmir, menyebabkan lima warga Kashmir tewas dan tiga lainnya terluka.

Sementara dari pihaknya militer Pakistan menuding aparat keamanan Indiasebelumnya telah menewaskan empat warganya, dua di antaranya anak-anak, di perbatasan dekat desa Siyalakuth pada hari raya Idul Adha di negara tersebut.

Siyalakuth masuk ke wilayah India dan terletak di perbatasan negara tersebut dengan Pakistan. Sebelumnya, dua warga sipil India dilaporkan tewas di wilayah yang sering menjadi ajang baku tembak antara aparat keamanan kedua negara tersebut pada Agustus lalu.

Mengenai Kashmir, yang terletak antara Pakistan dan India, telah menjadi ajang peperangan kedua negara pada tahun 1947 dan 1971 sebelum tercapai gencatan senjata yang diawasi internasional pada tahun 1972.

Sejak 1989, Kashmir terus terlibat konflik berdarah antara aparat keamanan India dengan kelompok masyarakat Kashmir yang menuntut bergabung dengan Pakistan. Akibat konflik tersebut, puluhan ribu warga Kashmir dilaporkan tewas. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

9.1

(Video) Tentara Israel Tewas Ditabrak Warga Palestina

Organization