Home / Berita / Daerah / Larang Potong Kurban di Sekolah, PBNU Merasa Kasihan Dengan Ahok

Larang Potong Kurban di Sekolah, PBNU Merasa Kasihan Dengan Ahok

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. (tempo)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. (tempo)

dakwatuna.com – Jakarta. Direktur Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh (LAZIS) PBNU, Amir Ma’ruf merasa kasihan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Statement yang kerap dikeluarkan Ahok dinilainya sebagai kurangnya informasi yang diterima Ahok tentang pemotongan hewan kurban.

“Ahok tidak mendapat masukan yang tepat mengenai ibadah kurban. Terbukti Ahok mengeluarkan larangan penyembelihan binatang kurban di Sekolah Dasar (SD),” katanya, Ahad (5/10). Padahal, tambah Amir, kurban di kawasan Sekolah Dasar bisa dijadikan media pembelajaran bagi anak usia dini.

Larangan yang dikeluarkan oleh Ahok dinilai karena informasi yang didapat kurang obyektif sehingga mantan Bupati belitong ini mengeluarkan larangan yang kurang tepat. “Pemotongan kurban di lingkungan sekolah dasar telah dilakukan sejak lama. Di lingkungan pendidikan NU, melakukan pemotongan hewan kurban,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pemotongan tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran sosial dan keagamaan dalam diri anak didik. “Substansi pemotongan hewan kurban bukan hanya pemotongan saja, namun lebih luas dari itu,” imbuhnya.

Amir berharap agar Ahok dapat mendalami intisari dari ajaran berkurban. Sebab menurutnya, hari raya Idul Adha merupakan saat yang tepat berbagi antara sesama. Dengan momentum berbagi daging kurban di hari raya Idul Adha, diharapkan jarak antara si kaya dan si miskin semakin menipis. “Idul Adha momentum berbagi, agar masyarakat bisa berkumpul dan menikmati keindahan Idul Adha,” terangnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, dengan pemotongan di lingkungan Sekolah Dasar dan disaksikan oleh anak didik, maka akan jadi pembelajaran keagamaan. PBNU menggunakan sekolah NU, untuk menyebarkan hewan kurban hingga ke pelosok. “Di beberapa sekolah NU di Karawang, Jawa Barat, pemotongan hewan kurban dilakukan pada hari Senin,” pungkasnya. (epp/rol/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Abdulah Gymnastiar atau Aa Gym.  (dpu-daaruttauhid.org)

Ahok Tuding Massa Aksi Damai 411 Dibayar 500 Ribu, Aa Gym: Setop Sakiti Hati Umat Islam