Home / Berita / Internasional / Asia / Jamaah Hutsi Akui Ada Koordinasi dengan Otoritas Resmi Sebelum Sabotase Sana’a

Jamaah Hutsi Akui Ada Koordinasi dengan Otoritas Resmi Sebelum Sabotase Sana’a

Anggota Jamaah Hutsi Yaman (dailynewsarabic.com)
Anggota Jamaah Hutsi Yaman (dailynewsarabic.com)

dakwatuna.com – Yaman. Jubir Jamaah Hutsi (kelompok syiah Yaman), Muhammad Abdussalam, mengakui adanya koordinasi dengan pihak-pihak resmi dan non-resmi di Yaman sebelum melakukan sabotase terhadap kota Sana’a pada minggu ketiga September lalu.

Dalam wawancara tertutup sebagaimana diberitakan Aljazeera (4/10/2014), Abdussalam menjelaskan bahwa Hutsi telah berkoordinasi dengan Pemerintah Yaman, termasuk militer, serta pihak-pihak luar Yaman (tanpa menjelaskan siapa yang dimaksud) sebelum menyerang dan mengambil alih ibukota Yaman tersebut.

Persoalan lain menyangkut persenjataan yang dimiliki jamaah ini akan diselesaikan dalam waktu dekat sesuai hasil dialog nasional dan kesepakatan damai antara kelompok yang bertikai, terang Abdussalam.

Menurutnya personil Hutsi yang saat ini menguasai Sana’a adalah warga asli Yaman dan pihaknya telah mengatur waktu penyerahan kembali Sana’a kepada pemerintahan baru hasil kesepakatan nantinya.

Sementara itu, pimpinan Hutsi lainnya, Dhaifullah Syami menyatakan bahwa Hutsi komitmen dengan hasil kesepakatan yang tercapai dengan Pemerintah Yaman. Menurutnya, Hutsi akan menyerahkan kembali pos-pos strategis di Sana’a kepada kepada pemerintahan resmi baru nantinya sesuai waktu yang telah disepakati.

Dalam hal ini, sebelumnya parpol di Yaman, Front Yaman untuk Reformasi, menuduh Menhan Yaman Muhammad Nashir telah berkomplot dengan Jamaah Hutsi sebelum kelompok bersenjata tersebut menyerang dan mengambil alih Sana’a, ibukota Yaman. (aljazeera/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi dan Presiden Mursi. (Ahramgate)

Syaikh Al-Qaradhawi Meminta Umat Islam Berdoa Agar Allah Segera Hukum As-Sisi, Asad, dan Hutsi

Organization