Home / Berita / Internasional / Eropa / Mahasiswi Muslim Prancis Diusir Karena Mengenakan Hijab

Mahasiswi Muslim Prancis Diusir Karena Mengenakan Hijab

Muslimah Prancis (inet).  (IslamIsLogic)
Muslimah Prancis (inet). (IslamIsLogic)

dakwatuna.com – Paris.  Mahasiswi Muslimah Universitas Sorbonne diminta keluar kelas karena mengenakan hijab. Ini merupakan insiden kesekian kali terkait penggunaan hijab di ruang publik.

“Apakah Anda berencana tetap mengenakan apa yang Anda pakai,” kata Dosen Geografi, kepada mahasiswi Muslimah seperti dilansir Alarabiya.net, dikutip dari ROL,Kamis (2/10/14).

“Saya di sini membantu Anda mengintegrasikan diri ke dalam kehidupan profesional. Jilbab hanya menyebabkan masalah pada Anda,” dalih si dosen.

Harian La Monde melaporkan ketika mahasiswi tersebut menolak permintaan itu. Ia diusir dari kelas.

Jean-Marie Salamito, profesor sejarah kekristenan kuno di Universitas Sorbonne menilai insiden itu sangat jarang terjadi. “Para pengajar kami umumnya berpikir terbuka dan toleran. Prancis adalah negara yang bebas. Mengenakan hijab itu merupakan hak umat Islam,” kata dia.

Salmito mengakui sikap dosen Geografi itu tidak mencerminkan semangat kebebasan Prancis. Namun, tidak berarti menjadi penunjuk adanya peningkatan islamofobia di sistem pendidikan Prancis.

Presiden Universitas Sorbonne, Philleppe Bountry telah meminta maaf kepada mahasiswi Muslimah terkait insiden itu. Dalam surat permintaan maafnya, Boutry mengatakan insiden itu merupakan kesalahpahaman.

Leila al-Hakim, mahasiswi Muslimah di La Sorbonne, mengatakan kepada Al Arabiya News bahwa ia terkejut dengan kejadian itu. “Setiap staf kampus harus menghormati keyakinan setiap agama mahasiswanya,” kata dia.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Berhijab di Turki, Artis Hollywood Ini Menuai Pro dan Kontra