Home / Berita / Daerah / Bersiap Sambut Idul Adha, PKPU Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Bersiap Sambut Idul Adha, PKPU Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pemeriksaan Hewan Kurban oleh tim PKPU Yogyakarta.  (PKPU/Jogja/Muthori)
Pemeriksaan Hewan Kurban oleh tim PKPU Yogyakarta. (PKPU/Jogja/Muthori)

dakwatuna.com – Yogyakarta.   Hari Raya Idul Adha 1435H/2014 tinggal beberapa hari lagi, seluruh muslim di segenap penjuru dunia mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut hari yang penuh berkah dan bernilai kepedulian sosial tinggi yang jatuh pada Ahad (5/10) mendatang. Bagi para mudhohi/orang yang sudah mampu berkurban mereka menyiapkan kurban mereka yang terbaik sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

Lembaga-lembaga penyalur hewan kurbanpun berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik kepada para mudhohi yang menitipkan kurban mereka untuk disalurkan kepada mustahik/yang berhak menerima hewan/daging kurban. Termasuk Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU sebagai sebuah lembaga yang sudah lama berkecimpung dalam pelaksanaan program kurban baik penghimpunan maupun penyaluran hewan kurban dari para mudhohi kepada para mustahik di seluruh pelosok dan wilayah yang membutuhkan baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang memuaskan dan optimal baik bagi para mudhohi maupun mustahik, PKPU mempersiapkan penyediaan hewan kurban dengan sebaik-baiknya. Salah satu upaya yang dilakukan dalam menyediakan hewan kurban berkualitas, PKPU Cabang Yogyakarta melakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang akan digunakan untuk pelaksanaan ibadah kurban.

“Dengan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini diharapkan hewan yang akan diberikan kepada yang berhak menerimanya, tidak terdapat hal yang membahayakan ketika mengkonsumsi dagingnya.  Selain itu, pemeriksaan ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit hewan dari daerah dimana hewan tersebut berasal ke daerah tempat pendistribusian hewan kurban,” demikian terang Muthori tim kurban PKPU.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan di kandang transit PKPU (kandang tempat penampungan sementara sebelum didistribusikan ke daerah yang membutuhkan) yang berada di tiga lokasi yaitu kabupaten Kulon Progo, Gunungkidul dan Sleman. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas kesehatan hewan setempat dan dibantu oleh beberapa orang relawan PPKPU Yogyakarta.

Secara bertahap akan dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh hewan kurban PKPU, tahap pertama dilaksanakan pada Senin (29/09/14) hingga Selasa (30/09/14). Pemeriksaan kesehatan meliputi kesehatan secara umum (screening) terutama mulut dan kuku, buta tidaknya hewan, cacat atau tidak, serta penimbangan berat hidup. Hasil pemeriksaan terhadap 111 ekor domba yang berada di 3 kandang tersebut dinyatakan sehat semua dan tidak menderita penyakit yang akan membahayakan bagi yang mengkonsumsinya. (Muthori/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Berusaha Menjadi Berarti dan Memberi Arti

Lihat Juga

HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor