Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Lima Langkah Sukses Belajar dari Surat Al-Quraisy

Lima Langkah Sukses Belajar dari Surat Al-Quraisy

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com Menjadi sukses adalah keinginan semua orang, banyak cara yang digunakan untuk menggapainya. Kaum Quraisy adalah salah satu kaum yang dapat dicontoh karena mereka memiliki banyak keunggulan dari kaum lainnya.

Dalam sebuah hadits yang menerangkan keunggulan kaum Quraisy diriwayatkan oleh Imam Hakim yang bersumber dari Ummu Hani Binti Abi Thalib, Rosulullah SAW bersabda:

“Allah mengistimewakan kabilah Quraisy dengan tujuh perkara, 1. Aku berasal dari mereka, 2. Kenabian berada di tengah-tengah mereka, 3. Pemeliharaan kabah di tangan mereka, 4. Pengelolaan air zam-zam dan penjamuan para haji ditangan mereka. 5. Mereka dilindungi dari serangan tentara bergajah, 6. Mereka lebih dahulu menyembah Allah puluhan tahun sebelum bangsa lainnya, 7. Allah menurunkan satu surat dalam Al-Quran khusus menyebut mereka.”

Ada lima langkah yang dapat kita ambil dari kaum yang satu ini berdasarkan surat Al-Quraisy. Di antaranya:

  1. Kebiasaan yang Baik (Li iilaafi)

Kebiasaan yang dapat kita ambil pelajaran dari kaum Quraisy ini yang pertama kebiasaan spiritual yang terdiri dari puasa, shalat, membaca Al-Quran dan bersedekah. Adapun yang kedua kebiasaan professional, yang terdiri dari bekerja keras dan disiplin, tidak cepat puas dan terus berlatih, pelayanan sempurna, memiliki visi ke depan dan melatih kemampuan.

  1. Citra Positif (Al-Quraisy)

Kaum Quraisy sudah memiliki keunggulan dengan banyak keistimewaan. Di antaranya sopan dan rendah hati, tepat janji, jujur, amanah, professional, istiqomah, taat aturan, terhindar dari cacat moral dan menghargai orang lain.

  1. Proaktif atau Terus Mencari Peluang (Rihlah)

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki kaum Quraisy adalah selalu proaktif dalam mencari peluang terutama peluang menjadi lebih maju dengan cara selalu mencari informasi dari berbagai sumber dan belajar kepada orang yang lebih sukses.

  1. Pandai Membaca Situasi atau Membuat Perencanaan yang Tepat (Asysyitaa I washoif)

Kaum Quraisy juga mampu membaca situasi hal ini yang sudah dibuktikannya dengan melakukan perjalanan pada waktu musim dingin ke kota yaman dan pada musim panas ke kota Syam. Dalam segi perencanaan juga kaum Quraisy sangat unggul dengan cara memerhatikan dalam memilih tempat untuk usaha, kemudian mampu mengelola waktu secara tepat sehingga mampu bertindak secara cermat dan akurat serta mampu memahami perubahan lingkungan.

  1. Bersyukur (Falya’buduu Rabba HaaDzal Bait)

Dalam surat Al-Quraisy, Allah memerintahkan untuk bertauhid kepada-Nya sebagai bentuk rasa syukur atas segala kelebihan yang telah Allah berikan kepada kaum Quraisy dengan cara selalu memanfaatkan keuntungan untuk kebaikan serta tidak menggunakan kekayaan untuk maksiat, dan selalu istoqomah dalam melaksanakan perintah Allah.

Jika kelima langkah di atas mampu diimplementasikan oleh seluruh umat Islam terutama umat Islam di Indonesia akan mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama dalam bidang perniagaan, karena bidang inilah yang mampu mengangkat ekonomi kaum muslimin Indonesia menjadi lebih baik dan akan melahirkan banyak pengusaha-pengusaha muslim yang dalam melakukan segala transaksinya berdasarkan Al-Quran dan Hadits.

Dikutip dari buku Inspiring Al-Quraisy for Success in Life, Prof, Dr, H, Mahmud, M.Si

 

About these ads

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 9,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Marwi Yati

Lihat Juga

Surat “Cinta” untuk Saudaraku, Buni Yani: Innallaha Ma’ana