Home / Berita / Nasional / Tolak Tandatangan Usulan Nama Cawagub, Ahok Sesumbar Mampu Pimpin Jakarta Seorang Diri

Tolak Tandatangan Usulan Nama Cawagub, Ahok Sesumbar Mampu Pimpin Jakarta Seorang Diri

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (ANTARA/ZABUR KARURU)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (ANTARA/ZABUR KARURU)

dakwatuna.com – Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama mengatakan dirinya tidak mau menadatangani usulan nama yang akan menjadi wakil gubernur yang akan menggantikannya saat Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dilantik pada 20 Oktober mendatang. Pria yang akrab disapa Ahok ini mengklaim dirinya mampu memimpin DKI Jakarta seorang diri.

Ahok mengatakan dirinya tidak akan tandatangan usulan nama yang diberikan DPRD. “Paling enggak mau tandatangan. Kan usul ke DPRD mesti saya dulu. Partai usulin nama itu ke saya, saya usulin ke DPRD. Ya enggak usah usulin, diamin saja. Boleh dong. Kan enggak ada aturan melarang,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (30/9).

Menurutnya, saat ini tidak ada aturan yang melarang gubernur tidak menandatangani usulan cawagub dari DPRD. “Saya tidak khawatir kalau DPRD memberikan mosi tidak percaya karena tidak memilih cawagub yang telah diusulkan,” tambahnya.

Dia membandingkan dengan Undang-Undang (UU) MD3 yang boleh diubah. “UU MD3 saja boleh diubah setelah tahu siapa kalah menang. Ya kan, UU Pilkada juga boleh diubah,” kata Ahok.

Seperti diketahui, sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009 tentang Pemerintah Daerah, kepala daerah yang terpilih menjadi presiden bakal digantikan oleh wakilnya. Untuk itu, jika DPRD DKI Jakarta tidak jadi memakzulkan Ahok, mantan bupati Belitung Timur itu bakal maju sebagai gubernur DKI Jakarta setelah Jokowi resmi menjadi presiden mendatang. (ren/kompas/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 3,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah
  • abu syahdan

    Sedih Jakarta bakal dipimpin oleh seorang yang bertempramental tinggi, bagaimana mau mengayomi rakyatnya!

Lihat Juga

Relawan Jokowi Pro Jokowi (Projo) dan Laskar Rakyat Jokowi (LRJ) menegaskan bahwa mereka tidak mendukung Ahok pada pilkada DKI 2017. (kompas.com)

Relawan Jokowi: Kita Tak Dukung Ahok, dia Bisa Karena Dompleng Jokowi