Home / Berita / Internasional / Afrika / Demi Alasan Keamanan, Mursi Absen dari Persidangan Tuduhan “Mata-mata” Asing

Demi Alasan Keamanan, Mursi Absen dari Persidangan Tuduhan “Mata-mata” Asing

Mursi menyapa rakyat Mesir dari balik jeruji (elwaqe3.com)
Mursi menyapa rakyat Mesir dari balik jeruji (elwaqe3.com)

dakwatuna – Kairo. Presiden Mesir yang digulingkan oleh kudeta militer, Muhammad Mursi absen dalam persidangan ke-16 yang menuduh dirinya sebagai mata-mata pihak asing, yaitu Hamas, Hizbullah dan Garda Revolusi Iran. Semula, Mursi akan disidang bersama Ketua Kantor Presiden Mesir, Rifaa a-Tahtawi pada hari ini, Senin (29/9/2014).

Sumber pengadilan pro kudeta ini mengatakan, Mahkamah Pidana Kairo yang dipimpin hakim Sya’ban As-Syami memulai sidangnya pada hari ini, bertempat di Akademi Kepolisian, Tajamu’ Khamis tanpa kehadiran Mursi dan Tahtawi.

Diawal persidangannya Sya’ban mengatakan, bahwa pihaknya mendapatkan surat keterangan dari Kemendagri Mesir yang memberitahukan bahwa Mursi dan Tahtawi tidak bisa hadir dalam persidangan dengan alasan keamanan.

Jaksa penuntut mendakwa Mursi dengan 35 orang lainnya (14 dari mereka masih buron) dengan tuduhan melakukan pidana dalam bentuk kerjasama dengan pihak asing di luar negeri, dan membocorkan rahasia negara kepada mereka. Termasuk pula tuduhan melakukan koordinasi dengan kelompok jihad radikal di dalam Mesir dan jejaringnya di luar negeri. Tujuannya adalah mempersiapkan operasi bersenjata di dalam Mesir.

Sejak militer mengkudeta pemerintahan yang sah, Mursi yang digulingkan dari kursi kepresidenan mendapat berbagai macam tuduhan dari kubu kudeta. Tuduhan yang dibuat-buat ini menjadi kampanye pro kudeta untuk memperburuk citra Mursi di masa menjabat presiden. Kendati banyak pihak yang mempertanyakan tuduhan ini, pengadilan pro kudeta Mesir tetap saja memaksa tuduhan tersebut kepada Mursi beserta staff-staff kepresidenan di era pemerintahannya. (msy/imo/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 8,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Syarief
Alumni Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Lihat Juga

Ilustrasi - Monas dan Masjid Istiqlal di kejauhan. (city_data.com)

Ijtihad Shalat Jumat di Monas

Organization