Home / Berita / Nasional / DKI Mengaku Tak Larang Potong Kurban, Tetapi..

DKI Mengaku Tak Larang Potong Kurban, Tetapi..

Antusias Siswa Sekolah Dasar (SD) menyaksikan penyembelihan hewan kurban. (pikiran-rakyat.com)
Antusias Siswa Sekolah Dasar (SD) menyaksikan penyembelihan hewan kurban. (pikiran-rakyat.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan sebenarnya Pemprov tidak melarang memotong hewan kurban. Tapi, meminta setiap panitia pemotongan hewan kurban untuk menyediakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) untuk mencegah penyebaran penyakit dan pencemaran lingkungan.

“IPAL yang harus disediakan di lokasi pemotongan hewan kurban jaraknya minimal sepuluh meter dari sumber air bersih,” katanya, Sabtu (27/9). Dia menjelaskan IPAL berfungsi mengalirkan darah dan kotoran ke dalam lubang yang sudah disiapkan.

Hal ini harus dilakukan untuk menghindari pencemaran lingkungan. “Tempat pembuangan limbah juga harus ditutup rapat, agar tidak terbawa angin dan menimbulkan bau tidak sedap. Apa lagi kalau dihinggapi lalat dan hinggap ke makanan, bisa menyebabkan diare dan penyakit lainnya,” paparnya.

Senada Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni menyatakan hal serupa. Menurutnya, pengelolaan limbah pemotongan hewan kurban harus diperhatikan dengan baik.

“Saya imbau panitia mengelola limbahnya dengan baik. Boleh dibuang, bisa juga diangkut, atau disiapkan lubang pembuangannya. Pokoknya harus dipersiapkan sedemikian rupa,” katanya.

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok telah menandatangani Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 67 Tahun 2014 tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan dalam menyambut Idul Fitri dan Idul Adha tahun 2014/1435 Hijriah. (inw/rol/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 5,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah
  • Rizky Yanto

    Yg namanya limbah semua orang juga tahu bisa membawa bibit penyakit.Tapi lucu kalau soal limbah dikaitkan dg prosesi pemotongan kurban pd Idul Adha.Memangnya kemarin2 umat menyembelih hewan kurbannya dimana?Dan apakah pernah ada kasus penyakit yg disebabkan karena prosesi penyembelihan kurban?Seharusnya kalau pemda ingin memberi pendidikan yg baik kpd masyarakat tentang pengelolaan limbah kurban dilakukan sejak lama,karena bukan hal mudah mengubah kebiasaan dalam masyarakat.Kalau proses tsb dilakukan sejak jauh2 hari maka diharapkan pada saatnya masyarakat sudah mengerti benar apa dan bagaimana yg harus dilakukan.

Lihat Juga

Ulama Minta Umat Islam Kawal Kasus Ahok