Home / Berita / Nasional / Standarisasi Pariwisata Syariah Dijadwalkan Selesai Akhir September

Standarisasi Pariwisata Syariah Dijadwalkan Selesai Akhir September

Wisata Syariah berupa Arsitektur di dalam Istano Basa Pagaruyung, Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat - Foto: kompas.com
Wisata Syariah berupa Arsitektur di dalam Istano Basa Pagaruyung, Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. (kompas.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esti Reko Astuti mengatakan pemerintah saat ini sedang menyelesaikan proses standarisasi syariah Indonesia untuk pariwisata, dijadwalkan akan selesai pada akhir September 2014.

“Sudah berjalan dan ditargetkan akhir September sebelum pelantikan kabinet baru,” katanya dalam Seminar Pariwisata Syariah Bangkitnya Sektor Riil Ekonomi Islam di Jakarta, Sabtu (28/9).

Esti menambahkan bahwa dalam mengembangkan sektor pariwisata syariah di Indonesia, pihaknya juga terus melakukan pemasaran dan promosi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Peningkatan SDM kita lakukan dengan sosialisasi dan pelatihan di daerah dengan kurikulum berdasar kerjasama dengan sekolah tinggi pariwisata,” paparnya. Dia menuturkan pihaknya terus meningkatkan kerjasama dengan pihak lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk memajukan sektor pariwisata syariah.

Lebih lanjut Esti mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah, menjalin kerja sama bilateral dengan Malaysia yang merupakan negara terbaik dalam pariwisata syariah. “Selain itu juga dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI),” katanya.

Sebelumnya, dia memaparkan beberapa standarisasi yang sedang diselesaikan yaitu standarisasi restoran, standarisasi biro perjalanan pariwisata dan standarisasi spa. Pihaknya juga telah mengeluarkan standarisasi untuk hotel-hotel syariah di Indonesia.

“Awal tahun ini telah dikeluarkan standarisasi ‘halal hospitality’,” pungkasnya. (en/rol/abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Ilustrasi. (cikalnews.com)

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah

Organization