Home / Berita / Daerah / RZ Salurkan Air Bersih di Daerah Kekeringan

RZ Salurkan Air Bersih di Daerah Kekeringan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Penyaluran Air di Dusun Rejosari, Desa Serut, Kec. Gedangsari, Gunungkidul sebanyak 2 RT atau 70 KK.  (asih/rz)
Penyaluran Air di Dusun Rejosari, Desa Serut, Kec. Gedangsari, Gunungkidul sebanyak 2 RT atau 70 KK. (asih/rz)

dakwatuna.com – Yogjakarta. RZ (Rumah Zakat) salurkan bantuan air bersih ke beberapa wilayah kekeringan di Gunungkidul dan Boyolali, Jumat (26/09/14). Masing-masing titik penyaluran mendapatkan 5.000-6.000 liter air bersih. Jumlah penerima bantuan air bersih di Dusun Rejosari, Desa Serut, Kec. Gedangsari, Gunungkidul sebanyak 2 RT atau 70 KK. Di Dusun Ngaren, Desa Ngaren, Kec. Juwangi, Kab Boyolali, penerima manfaatnya sebanyak 140 KK.

Kemarau berkepanjangan membuat sumber-sumber air di daerah tersebut kekeringan. Istiawan, Branch Manager RZ cabang Yogyakarta menjelaskan, “Kami mendapat laporan bahwa warga sangat kesulitan mendapat air bersih, sehingga banyak aktivitas terhambat. Kami lalu mendatangkan sejumlah air dari daerah terdekat.”

Selain di dua wilayah tersebut RZ rencananya akan kembali mengirimkan bantuan air bersih ke Kendal, Grobokan,dan Wonogiri. “Bantuan air bersih ini akan kami lanjutkan besok ke tiga wilayah lainnya yang memerlukan,” tambah Istiawan.

Tak hanya air bersih, RZ dan donatur pun bersinergi membangun water well di lokasi-lokasi bencana dan lokasi-lokasi yang belum memiliki kualitas water well yang baik. Fasilitas water well yang dibangun antara lain kamar mandi, closet, tempat mencuci serta mesin jetpump dan tower penampung air. Tercatat, di tahun 2014 sebanyak 11 unit water well dibangun di Jakarta Timur, Karawang, Bekasi, Bandung, Indramayu dan Sukabumi.

“Penting sekali menjaga keseimbangan hidup melalui pemanfaatan air bersih. Tapi jika tak ada air bersih yang dapat dimanfaatkan, maka bagaimana cara menjaga keseimbangan tersebut?” tutur Istiawan.

Sejak awal berdiri, RZ terlibat aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui perbaikan kualitas kesehatan. Pengadaan sarana dan prasarana air bersih dan water well merupakan bagian dari perbaikan kesehatan di bawah Program Senyum Sehat.  (Asih/rz/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Lihat Juga

Hemat Air, Antisipasi Musim Kemarau