Home / Berita / Internasional / Asia / Iran Akui Dukung Pemberontakan Syiah di Yaman

Iran Akui Dukung Pemberontakan Syiah di Yaman

Hassan Rouhani (sahafa)
Hassan Rouhani (sahafa)

dakwatuna.com – San’a. Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengatakan bahwa peristiwa terakhir yang terjadi di Yaman adalah sesuatu yang sangat berani dan besar. Seperti diberitakan Sahafah, Sabtu (27/9/2014) hari ini, jatuhnya sebagian ibukota Yaman ke tangan kelompok Syiah Hutsi disebutnya sebagai sebuah kemenangan besar pihak yang didukung Iran.

Bukan kali ini saja pemerintah Iran mengeluarkan pernyataan yang memancing kemarahan pihak pemerintah Yaman. Karena pernyataan seperti itu secara tidak langsung adalah sebuah penekanan resmi dari otoritas tertinggi di Iran atas dukungannya kepada kelompok separatisme Syiah Hutsi di Yaman yang saat ini membuat kekacauan.

Sementara itu, Brigjen Muhammad Ridha, panglima sayap keamanan dan intelijen pasukan Garda Revolusi Iran, mengatakan bahwa rahasia kemenangan kelompok Syiah Hutsi di Yaman adalah kekuatan mereka dalam berpegang pada ajaran Syiah. Dirinya memperingatkan akan segera dimulainya konspirasi Amerika dan Inggris dalam politik di Yaman.

Sebelumnya, Ridha pernah meminta pemerintah Iran untuk menerjunkan pasukan secara langsung ke Yaman dan Bahrain untuk mendukung kelompok Syiah di sana. (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Pengawasan Sharia Compliance Pada Perbankan Syariah Yaman