Home / Berita / Nasional / Koalisi Merah Putih Menangkan RUU Pilkada Lewat DPRD, HNW: Ini Kemenangan Rakyat

Koalisi Merah Putih Menangkan RUU Pilkada Lewat DPRD, HNW: Ini Kemenangan Rakyat

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (kanan).   (okezone.com)
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (kanan). (okezone.com)

dakwatuna.com – Jakarta – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Hidayat Nur Wahid mengatakan kemenangan Koalisi Merah Putih (KMP) dalam opsi Pilkada melalui DPRD dalam pengesahan Rancangan Undang-Undang RUU Pilkada, Jumat (26/9) dini hari menunjukkan soliditas yang tinggi dari partai politik (parpol) dibarisan koalisinya. Menurutnya ini merupakan hasil ujian dari berbagai dinamika yang dihadapi oleh KMP.

“Alhamdulillah kami sudah teruji, dan ini juga merupakan kemenangan rakyat,” katanya kepada wartawan di Gedung DPR, Jumat (26/9). Dengan hasil ini, tambah Hidayat, akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang memiliki integritas lebih baik dibanding hasil Pilkada secara langsung.

Sementara itu, Hidayat meminta kepada rakyat Indonesia untuk tidak khawatir dengan hasil Pilkada lewat DPRD. Dia menjelaskan bawah DPR sudah mempersiapkan Undang-Undang yang mengatur pasal-pasal aturan pelaksanaan Pilkada lewat DPRD.

Misalnya, terang Hidayat, seperti kasus money politics. Hidayat mengatakan DPR sudah membuat peraturan bahwa jika ditemukan ada money politics maka kandidat akan didiskualifikasi.

“Kandidat didiskualifikasi, anggota DPRD dipecat, dipidanakan,” ungkapnya.

Hasil voting RUU Pilkada dari kubu KMP, Partai Golkar memilih Pilkada secara langsung sebanyak 11 orang dan tidak langsung sebanyak 73 orang, PKS tak langsung sebanyak 55 orang, Partai Amanat Nasional (PAN) tak langsung sebanyak 45 orang, Partai Persatuan Pembanguna (PPP) tak langsung sebanyak 32 orang dan Partai Gerindra tak langsung sebanyak 22 orang.

Sedangkan dari kubu koalisi Jokowi-JK, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pilkada langsung 88 orang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) langsung 20 orang dan Partai Hanura langsung 10 orang. Sementara itu, meskipun Partai Demokrat walkout, namun 6 kadernya memilih untuk berdiri dan mendukung Pilkada langsung.

Hasil voting menunjukkan total yang mendukung Pilkada langsung sebanyak 135 orang dan Pilkada tak langsung sebanyak 226 orang. (abr/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Abdul Rohim
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. (IST)

Ingatkan Sejarah Kemerdekaan, FPKS Peringati HUT RI 9 Ramadhan 1437 H