Topic
Home / Berita / Nasional / Sidang Itsbat Tentukan Hari Raya Idul Adha akan Digelar Hari Ini

Sidang Itsbat Tentukan Hari Raya Idul Adha akan Digelar Hari Ini

Petugas menggunakan teropong guna melihat posisisi bulan untuk menentukan awal Ramadhan.  (Idii-online.com)
Petugas menggunakan teropong guna melihat posisisi bulan untuk menentukan awal Ramadhan. (Idii-online.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Hari ini, Rabu (24/9/14), Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang itsbat untuk penetapan 1 Dzulhijjah 1435 H. Sidang itsbat dilakukan dalam rangka menetapkan tanggal 10 Dzulhijjah atau Hari Raya Idul Adha.

Sidang akan digelar secara tertutup seperti sidang itsbat penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri dua bulan yang lalu. Semua organisasi masyarakat (ormas) Islam juga akan dilibatkan dalam sidang tersebut untuk mendengar pendapat masing-masing dari mereka.

Dalam sidang tersebut juga akan dihadiri oleh ahli astronomi yang akan memaparkan pandangannya dalam aspek keilmuan yang ditekuninya. Sehingga, selain menggunakan metode rukyatul hilal, penentuan 1 Dzulhijjah telah ditinjau dari berbagai aspek keilmuan.

Setelah dilakukan sidang tertutup, Kemenag akan mengumumkan secara langsung jatuhnya Hari Raya Idul Adha setelah diketahui bulan baru atau tanggal 1 Dzulhijjah. Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Teknis penetapan 1 Dzulhijah dilakukan Kemenag dengan berkerjasama dengan seluruh kantor wilayah Kemenag dalam pemantauan hilal. Dengan ini, artinya, Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada tanggal 4 atau 5 Oktober 2014.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ustadz Abdul Somad yang Terpanggang dari Dua Arah

Figure
Organization