Home / Berita / Nasional / PP. Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Sabtu 4 Oktober 2014

PP. Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Sabtu 4 Oktober 2014

Logo Muhammadiyah (wikipedia.org)
Logo Muhammadiyah (wikipedia.org)

dakwatuna.com Pimpinan Pusat  (PP)  Muhammadiyah menegaskan bahwa Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Sabtu, 4 Oktober 2014. Penentuan hari raya tersebut dilakukan melalui metode Hisab sebagaimana dilansir oleh website resmi Muhammadiyah kota Bekasi. “PP Muhammadiyah telah sepakat Idul Adha jatuh pada tanggal 4 Oktober 2014,” ujar Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, Rabu (17/9).

Untuk itu ia mengimbau kepada umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah untuk melakukan shalat Idul Adha pada tanggal tersebut. Selain itu, umat Islam disunnahkan untuk melakukan puasa sunnah ‘Arafah sehari sebelumnya.

Yanuar berharap agar ketetapan Hari Raya Idul Adha tersebut bersamaan dengan hari raya yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Menurut dia, Pemerintah Arab Saudi baru akan memutuskan jatuhnya hari raya Idul Adha pada Kamis (25/9/14) nanti.

Ia juga mengimbau warga Muhammadiyah dan umat Islam secara keseluruhan untuk berqurban. “Silakan berqurban, bagi yang mampu untuk berqurban. Minimal satu keluarga satu kambing. Atau sepertujuh dari satu ekor sapi,” ujar Yanuar.

Selanjutnya, kata Yanuar, hewan qurban yang disembelih sebaiknya dibagi secara merata, dan mengutamakan orang yang berhak menerimanya. Hal itu ditujukan agar terjadi pembagian secara merata.

“Jangan sampai di satu desa kelebihan daging qurban, sementara di desa lain ada yang kekurangan,” ujar dia. Yanuar menyatakan, momentum hari raya qurban ini merupakan saat yang membahagiakan bagi umat Islam, terutama kaum miskin dan dhuafa’ untuk menyantap daging kurban yang tidak biasa dikonsumsi setiap saat. (in/usb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Ilustrasi. (Antara/Hafidz Mubarak A / republika.co.id)

Hewan Qurban dari Ahok Ditolak Pengurus Masjid, Ini Kata MUI