Home / Berita / Nasional / Soal RUU Pilkada, Demokrat: Kami Konsisten sebagai Penyeimbang

Soal RUU Pilkada, Demokrat: Kami Konsisten sebagai Penyeimbang

Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto.  (kompas.com)
Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto. (kompas.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto membantah jika sikap partainya tak konsisten dalam menyikapi mekanisme pemilihan kepala daerah di dalam rancangan undang-undang (RUU) Pilkada.

Menurutnya, sikap politik Partai Demokrat yang mendukung mekanisme pemilihan kepala daerah secara langsung adalah bentuk konsistensi partainya sebagai penyeimbang.

“Konteks penyeimbang itu bisa berjalan bareng kalau isunya sama, kalau konteks pemerintah sekarang ini sama dengan perjuangan pak SBY kita akan mendukungnya,” ujar Didik dikutip dari INILAHCOM, Minggu (21/9/14).

Dia mengatakan, Presiden SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat sangat mendukung penuh sistem demokrasi di Indonesia. Dalam konteks RUU Pilkada, SBY menilai pemilihan kepala daerah secara langsung sangat demokratis.

“Terkait ini memang pak SBY di youtube pribadinya arah beliau kita tetap mempertahankan mekanisme secara langsung dengan modifikasi-modifikasi, nah kemarin pak Syarief menyampaikan arahnya pak SBY tersebut,” katanya.

Didik mengatakan, sejak awal Partai Demokrat tidak berada di kubu manapun sebab Demokrat akan berdiri sebagai penyeimbang. Sehingga dengan sikap ini Partai Demokrat tidak bermain di dua kaki yakni di koalisi merah putih (KMP) ataupun Jokowi-JK.

“Jadi intinya bukan Demokrat mancla mencle atau tidak konsisten terhadap KMP. Tapi memang dari awal kita ini berada sebagai partai penyeimbang,” katanya.

Sebelumnya, Partai Demokrat sejalan dengan koalisi merah putih yang mendukung mekanisme pemilihan kepala daerah lewat DPRD. Namun sikap itu berubah setelah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lewat akun youtubenya menyatakan mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung.(jat/inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 3,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Perppu Pilkada Disahkan, Ruhut: Semua Sudah Kembali Kejalan yang Benar