Home / Berita / Internasional / Asia / Kalahkan Maladewa 4-0, Timnas U23 Lolos ke 16 Besar Asian Games 2014

Kalahkan Maladewa 4-0, Timnas U23 Lolos ke 16 Besar Asian Games 2014

Timnas Garuda U-23.  (detakberita.com)
Timnas Garuda U-23. (detakberita.com)

dakwatuna.com – Incheon. Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Maladewa 4-0 dan memastikan diri lolos dari fase Grup E ke babak 16 besar Asean Games 2104 Korea Selatan. Kemenangan 4-0 atas Maladewa ini melengkapi kemenangan besar Tim Garuda Muda 7-0 atas Timor Leste sebelumnya.

Bermain di Incheon Football Stadium, Kamis (18/9/2014) siang WIB, empat gol timnas U-23 dicetak Ferdinand Sinaga (2), Ramdani Lestaluhu dan Bayu Gatra.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, mempertahankan hampir semua pemainnya saat menghadapi Timor Leste. Satu perubahan hanya Fandi Eko Utomo yang menggantikan posisi Syakir Sulaiman.

Timnas U-23 langsung mengancam gawang Maladewa di menit kelima. Tendangan jarak jauh Fandi masih melebar di kiri gawang.

Garuda Muda berhasil mencetak gol di menit ke-12. Mendapat umpan dari tengah, Ramdani Lestaluhu lolos dari perangkap offside. Tendangan kaki kirinya menghujam pojok kanan atas gawang Maladewa.

Tim asuhan Aji Santoso hampir menggandakan keunggulan di menit ke-24. Menerima umpan silang mendatar dari sayap kanan, Ramdani tak terkawal di kotak penalti. Sayang, sepakannya melambung di atas mistar.

Timnas U-23 berhasil mencetak gol di menit ke-39. Sayang, wasit menganulir karena Fandi Eko Utomo dalam posisi offside.

Satu-satunya peluang yang didapat Maladewa terjadi di menit ke-41. Berawal dari tendangan bebas, sundulan Ashadulla masih mampu ditepis kiper Andritany.

Dua peluang diraih Fandi di menit ke-45. Tendangan pertama mampu ditepis kiper lawan. Bola liar dikuasai Ferdinand Sinaga dan memberikan umpan pendek kepada Fandi yang langsung melepaskan tendangan menyusur tanah. Sayang, arahnya melebar. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, timnas U-23 langsung menggebrak. Mereka mampu mencetak gol kedua di menit ke-47. Mengontrol bola di kotak penalti, Ferdinand Sinaga sempat mengecoh satu pemain lawan sebelum merobek jala Maladewa di depan gawang.

Delapan menit berselang, Garuda Muda mencetak gol ketiga. Umpan satu dua dengan Ferdinand Sinaga, sepakan keras Bayu Gatra dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung kiper Maladewa, Jazlan.

Maladewa hampir mencetak gol di menit ke-66. Asadhulla merebut bola dari pemain belakang Indonesia, dan tinggal berhadapan dengan kiper. Beruntung sepakannya bisa dimentahkan Teguh Amiruddin, yang masuk menggantikan Andritany karena cedera di menit ke-64.

Peluang didapat timnas U-23 di menit ke-73. Memanfaatkan tendangan bebas Dedi Kusnandar, sundulan Ramdani masih tipis melebar di kanan gawang.

Dua menit berselang, giliran Ferdinand Sinaga mengancam. Tendangan bebas yang dilepaskannya masih bisa ditepis Jazlan.

Wasit memberikan penalti kepada timnas U-23 di menit ke-80 saat Alfin Tuasalamony didorong Mohamed Samdhooh. Ferdinand, yang menjadi eksekutor, melakukan tugasnya dengan sempurna. Sepakannya ke arah kanan mengecoh kiper yang bergerak ke arah sebaliknya.

Skor 4-0 bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini memastikan timnas U-23 lolos ke babak 16 besar dengan megoleksi enam poin, sementara Maladewa di posisi juru kunci dengan poin nol.

Susunan pemain:

Indonesia U-23: Andritany Ardiyasha (Teguh Amiruddin 64′); Alfin Tuassalamony, Manahati Lestusen, Victor Igbonefo, Dani saputra; Ahmad Jufriyanto, Dedi Kusnandar; Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Ramdani Lestaluhu (Rasyid Bakri 78′); Ferdinand Sinaga.

Maladewa U-23: Jazlan; Numaan, Mohamed Samdhooh, Ali Amdhan, Ahmed Shaflu; Arif Mohamed, Shifaz Hassan, Mohamed Hamza, Yaamin Moosa, Irfan Mohamed; Abdulla Asadhulla.

(inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Skuad Timnas U-23 yang berlaga pada ISG 2013

Surahman: Walau Gagal Raih Emas ISG, Perjuangan Timnas Harus Tetap Diapresiasi