Home / Berita / Daerah / ‘Berbagi Air’ untuk Warga Desa Tegalrejo Gunung Kidul

‘Berbagi Air’ untuk Warga Desa Tegalrejo Gunung Kidul

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pembangunan Sistem Air Bersih melaluia program “Berbagi Air”  PKPU.  (agus/kis/pkpu Yogya)
Pembangunan Sistem Air Bersih melaluia program “Berbagi Air” PKPU. (agus/kis/pkpu Yogya)

dakwatuna.com – Gunung Kidul.  Warga Dusun Ketela, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kab. Gunung Kidul kini bisa dengan mudah mendapatkan air bersih. Karena, Selasa (16/09/14) Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Yogyakarta kembali meresmikan Program “Berbagi Air” melalui Pembangunan Sistem Air Bersih di dusun tersebut.

Dalam acara peresmian Program “Berbagi Air” ini hadir Kepala Dinas PU Kab. Gunung Kidul, Ir. Edi Praptono, Direktur Pendayagunaan PKPU, Rully Brallian, Kepala Cabang PKPU Yogyakarta, Jumarsono, Camat Gedangsari, Koramil Gedangsari, Kapolsek Gedangsari, Kepala Desa Tegalrejo, serta masyarakat Dusun Ketela.

Rully Barlian Direktur Pendayagunaan PKPU mengatakan “Air sangat diperlukan untuk kebutuhan. Program berbagi air sangat dibutuhkan karena masih banyak masyarakat yang kesulitan memperoleh air. Sukses tidaknya program berbagi air di Dusun Ketela, Desa Tegakrejo, Kecamatan Gedangsari dilihat pada satu tahun ke depan. Apakah setelah satu tahun masyarakat masih bisa bertahan untuk bergotong royong menjalankan program berbagi air dengan baik. Sehingga diharapkan program berbagi air dapat berjalan dalam jangka waktu yang panjang dan berkesinambungan”.

Edi Praptono Kepala dinas PU Kabupaten Gunung Kidul mengatakan “Pengelolaan air harus dihitung dengan baik misalnya berapa air yang dihasilkan dan diperuntukkan untuk berapa KK. Sehingga jelas berapa listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan pompa. Dan semoga sistem air bersih ini membantu mencukupi kebutuhan air warga” lanjutnya.

Sementara penanggungjawab program Berbagi Air PKPU Yogyakarta, Agus Putut mengatakan bahwa “Pembangunan sistem air bersih ini akan dimanfaatkan oleh warga Dusun Ketela yang berjumlah 90 KK, dan nantinya akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan warga yang ada di sekitar dusun.

Pembangunan ini juga melibatkan peran serta masyarakat secara aktif, baik dalam menyiapkan dan membangun infrastruktur, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik”, lanjut Agus.

Program ini merupakan program pengadaan air bersih dengan cara memompa dari sumur bor selanjutnya ditampung dalam bak penampung utama. Dari bak penampungan tersebut kemudian air dialirkan melalui pipa ke ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya program berbagi air ini, setiap musim kemarau datang, warga masyarakat tidak lagi mencari air dengan berjalan kaki atau dilakukan dropping air bersih menggunakan truk tangki. Sehingga masyarakat bisa lebih tenang dalam beraktivitas sehari-hari. (agus/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Sukismo

Lihat Juga

Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) di Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kampung Sindang Asih, Bogor, Ahad (13/11/2016). (Dita/Putri/PKPU)

HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor