Home / Berita / Nasional / Bagi Separuh Kursi Menteri untuk Parpol, Jokowi Dinilai Ingkar Janji

Bagi Separuh Kursi Menteri untuk Parpol, Jokowi Dinilai Ingkar Janji

Jokowi saat kampanyei di Pilpres 2014.  (lintas.me)
Jokowi saat kampanyei di Pilpres 2014. (lintas.me)

dakwatuna.com – Jakarta.  Keputusan presiden terpilih Jokowi untuk membagi hampir separuh kursi menteri untuk kader parpol, dinilai sebagai pengingkaran terhadap janji kampanye.

Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, pilihan Jokowi untuk bagi-bagi jabatan telah melukai hati pendukungnya dan hanya lips service.

“Kemarin saat kampanye, Jokowi keras mengatakan tidak akan bagi-bagi kursi. Jokowi berjanji akan membentuk kabinet tanpa mempertimbangkan politik seperti komposisi partai, sekarang terbukti hanya janji manis saat kampanye,” ujar Jajat dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Okezone di Jakarta.

Keputusan Jokowi untuk melanggar berbagai janji kampanyenya, di antaranya dukungan untuk meningkatkan harga bahan bakar minyak (BBM), pembagian kursi kepada kader partai politik pengusung Jokowi-JK, pemberian mandat kepada Hendropriyono untuk menjadi penasehat Tim Transisi walau pernah berjanji akan menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM telah menggerus dukungan masyarakat terhadap Jokowi.

Membungkuknya Jokowi saat pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, dan keputusan Jokowi untuk menerima pimpinan Partai Komunis Tiongkok di Balaikota memberikan pukulan telak terhadap elektabilitas Jokowi-JK.

“Jika Pemilu diadakan hari ini, saya yakin Jokowi-JK hanya akan mendapatkan 20 sampai dengan 25 persen suara melawan Prabowo-Hatta. Sudah terlalu banyak janji kampanye Jokowi yang ia langgar. Jokowi tidak sensitif terhadap aspirasi pendukungnya,” tutup Jajat. (kem/okezone/sbb/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 8,29 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi (photobucket.com)

Menggenggam Janji Syawal