Home / Berita / Internasional / Asia / Sepuluh Hari Menjelang Wukuf, Jamaah Haji Dihimbau Siapkan Diri

Sepuluh Hari Menjelang Wukuf, Jamaah Haji Dihimbau Siapkan Diri

Jamaah Haji saat melaksanakan wukuf di Arafah.  (tribunnews.com)
Jamaah Haji saat melaksanakan wukuf di Arafah. (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Mekah. Sepuluh hari sebelum wukuf, jamaah haji dihimbau menyiapkan diri untuk pelaksanaan wukuf  supaya tidak terlalu kelelahan.

Hal itu dikemukakan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Fidiansyah pada acara peluncuran Program Gerakan Minum Zam-zam dan Mengkonsumsi Kurma di Pemondokan Jamaah Haji Gedung H-03 Mekah, Sabtu (13/9/14).

”Di waktu menjelang Wukuf, para jamaah haji harus mengurangi aktivitas fisik dan jangan lakukan ibadah wajib, dan jangan memaksakan melakukan ibadah sunah,” kata Fidiansyah seraya menambahkan, yang terpenting laksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Sementara itu Kepala Seksi Kesehatan PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Daker Mekah Muhammad Ilyas, sepuluh hari atau minimal seminggu sebelum wukuf dianggap waktu yang optimal untuk memperbaiki stamina.

Karena itu dianjurkan kepada jamaah haji yang sudah ada di Mekah dan sudah masuk sepuluh hari atau minimal seminggu sebelum wukuf untuk mengurangi aktivitas fisik dan menjaga kondisi fisik.

Bagi penderita penyakit kronik seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) Diabetes mellitus jangan sampai lupa minum obat, dan harus dalam kondisi terkontrol. Jangan sampai  waktu sepuluh hari sebelum wukuf terlalu kecapekan karena kebanyakan jalan-jalan atau melakukan ibadah.

Lebih lanjut Ilyas berpesan kepada para jamaah haji saat menjelang Armina (Arafah dan Mina), sebaiknya membawa kurma yang dimasukkan ke dalam kantong plastik atau kantong paspor.

Menurut Muhammad Ilyas, kurma menjadi sumber energi dan bisa menjamin kecukupan kalori bagi jamaah haji Indonesia. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin mengatakan, hingga saat ini, visa jamaah haji  gelombang dua mendatang belum semua selesai. (kabarmakkah.com)

Hingga kini, Visa Haji Gelombang Dua Belum Selesai

Organization