Home / Berita / Daerah / Panen Perdana Sapi MTN Hasilkan Sapi seberat 443 kilo

Panen Perdana Sapi MTN Hasilkan Sapi seberat 443 kilo

Penimbangan Sapi yang akan di panen di Desa Cikembang, Kertasari. (syasih/mtn)
Penimbangan Sapi yang akan di panen di Desa Cikembang, Kertasari. (syasih/mtn)

dakwatuna.com – Bandung. Sebanyak 24 peternak sapi gaduh binaan MTN (Masyarakat Ternak Nusantara) di Desa Cikembang, Kertasari panen 35 sapi. Bobot sapi terbesar pada panen hari pertama mencapai 443 kg. Pada periode selanjutnya, kapasitas pengelolaan sapi di Desa Cikembang akan ditingkatkan menjadi 75 peternak dan 150 sapi.

Direktur MTN, Noor Yahya terkesan dan ikut bahagia melihat keberhasilan para peternak. “Alhamdulillah panen kali ini mendekati Idul Adha. Ini membawa keuntungan tersendiri bagi para peternak. Insya Allah dalam waktu dekat desa-desa lain binaan MTN pun akan panen,” terangnya, Selasa (09/09/14).

Ujang, salah seorang peternak menyampaikan kegembiraan dan antusiasmenya. “Bahagia rasanya memanen hewan yang selama ini saya pelihara. Keuntungan yang didapatkan juga alhamdulillah dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Semoga kedepannya jumlah hewan gaduh dari MTN semakin banyak,” ungkapnya.

Hingga saat ini, MTN memiliki peternak binaan di Subang, Garut, Bandung, Tasikmalaya, dan Kelud. Seluruh peternak ini mendapat pelatihan dan pendampingan dari tenaga ahli bidang peternakan, serta dibukakan akses pemasarannya. Peternak domba binaan MTN sebanyak 507 orang, peternak sapi 24 orang dan peternak kambing ettawa berjumlah 11 orang.

Saat ini jarang ada orang yang mau menjadi peternak saja. Mayoritas mereka masih melakukan pekerjaan lain selain beternak seperti menjadi petani. “Kami ingin melahirkan peternak-peternak yang fokus mengurusi ternaknya tanpa disambi dengan pekerjaan lain. Dengan begitu hasil yang didapatkan lebih memuaskan,” tutur Yahya.

MTN bergerak memberdayakan masyarakat dalam bidang peternakan. Untuk meningkatkan pertumbuhan para peternak, MTN membangun kemitraan dan kerja sama dengan instansi dan perusahaan dalam bentuk program CSR atau PKBL.  (Sayasih/mtn/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Daging Sapi (ilustrasi).  (rimanews.com)

Pemerintah Harus Serius Perbaiki Manajemen Stok Nasional Terkait Daging Sapi

Organization