Home / Berita / Nasional / PLN Diminta Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

PLN Diminta Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

Mobil Listrik (inet).  (otomotifnet.com)
Mobil Listrik (inet). (otomotifnet.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Anggota DPR Habib Nabiel Almusawa menyambut baik beroperasinya mobil listrik yang sudah memiliki STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).  Ini berarti mobil listrik telah legal dan bisa dimiliki masyarakat.

”Alangkah baiknya bila pada produksi massal yang pertama, semua dibeli lalu digunakan sebagai kendaraan operasional PT. PLN di seluruh Indonesia.  Dengan demikian kehandalan mobil listrik bisa dilihat langsung oleh masyarakat”, paparnya mengomentari mulai digunakannya mobil listrik di jalan raya secara legal

Diberitakan, akhir pekan lalu Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mencoba mobil listrik type ELVI LEVI dengan segmen MPV di Surabaya, Jawa Timur. Mobil listrik pertama ber-STNK ini dibeli oleh anak perusahaan PLN, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Cabang Gresik.  Produsennya, PT. GRAIN Electric Vehicle Industry mampu merakit 10.000 mobil listrik per tahun.

Mobil tersebut telah menjadi kendaraan PT. PJB PLN Cabang Gresik dengan biaya operasional Rp. 10 ribu per hari, lebih hemat dibandingkan menggunakan mobil bensin yang sehari bisa habis Rp.60 ribu. Untuk keperluan sehari-hari, charging dilakukan dua hari sekali.

Habib berharap mobil listrik kelak bisa diterima secara luas oleh masyarakat.  ”Biaya operasionalnya lebih murah, bersih dan ramah lingkungan”, katanya

Bila masyarakat luas sudah bisa menerima, maka diharapkan akan ada pengurangan penggunaan BBM secara signifikan.  ”Mobil listrik bisa menjadi alternatif solusi untuk mengurangi defisit BBM nasional”, pungkasnya. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PKPU dan PT PLN UIP XIII Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Ikuti BBB