Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Mengapa Cabut Gigi Sebabkan Bibir Jadi Tebal Sebelah?

Mengapa Cabut Gigi Sebabkan Bibir Jadi Tebal Sebelah?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (monashdentalgroup.com.au)
Ilustrasi. (monashdentalgroup.com.au)

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalammu’alaikum wr wb

Dokter Hanna yang saya hormati,

Istri saya usia 36 tahun, sering mengeluh sakit gigi geraham ujung bagian bawah sebelah kiri. Kata dokter gigi langganan harus dicabut karena sudah mati ( syarafnya sudah tidak berfungsi ), setelah melihat hasil rontgen, karena posisinya yang tidak seperti biasa.

Dokter gigi menyarankan ke dokter bedah mulut untuk diambil tindakan. Dokter bedah mulut mengatakan kalau harus operasi, bibir istri saya bisa tebal sebelah dan prosesnya bisa sampai 7 kali balik. Apa memang seperti itu dok? Apa tidak ada opsi lain selain dicabut yang katanya bikin bibir tebal sebelah? Mohon sarannya dok..

Wassalammu’alaikum wr wb

Hendra

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Hendra yang saya hormati, semoga Allah memberi kesembuhan kepada istri bapak. Semoga Allah memberikan kesabaran bagi Pak Hendra agar sabar mengurus istri.

Netters dakwatuna yang saya hormati, Gigi dicabut ada 2 cara, dengan operasi dan tidak operasi. Keduanya pasti disuntik bius lokal. Untuk gigi bawah biasanya dilakukan suntik blok mandibula ( rahang bawah ) . Hal ini pasti membuat ba’al pada daerah bibir , lidah dan separuh rahang bawah.

Kontrol bolak balik tergantung usia dan keadaan. Biasanya setelah pencabutan 3 kali kontrol.

Bibir tebal sebelah ini hanya sesaat saja. Jadi jangan khawatir. Nanti akan kembali normal lagi jika pengaruh biusnya sudah berkurang.

Dokter gigi dan dokter bedah mulut memang saling terkait. Jadi memang sering terjadi kerja sama antara keduanya. Hingga pasien benar–benar ditangani dengan baik oleh dokter yang berkompeten.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Drg. Hanna Djauharie

Kirimkan email pertanyaan ke : [email protected]

About these ads

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
drg. Hanna Djauhari
drg. Hanna Djauhari membuka praktek dokter di Jakarta bersama suami nya drg. Nuh Ibnu Adrian, MARS. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Jam Praktek drg. Ibnu: Jam 17.00 s/d 20.00 Hari Senin / Selasa / Rabu / Sabtu.Jam Praktek drg. Hanna: Jam 17.00 s/d 20.00 Hari Senin/Jumat.

Lihat Juga

Ilustrasi Celak Mata (hmetro.com.my)

Sunnah dan Larangan Pada Tubuh Manusia (Bag. Kedelapan)