Home / Berita / Nasional / Melalui Superqurban, RZ ajak Masyarakat Optimalkan Daging Qurban

Melalui Superqurban, RZ ajak Masyarakat Optimalkan Daging Qurban

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Sosialisasi Optimalisasi Qurban oleh Rumah Zakat.  (Ade Bayu Indra/RZ)
Sosialisasi Optimalisasi Qurban oleh Rumah Zakat. (Ade Bayu Indra/RZ)

dakwatuna.com – Bandung. Dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1435 H, RZ (Rumah Zakat) mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan qurban agar manfaatnya dapat terasa lebih lama lewat aksi Happening Art. Kegiatan ini dilaksanakan di semua cabang RZ di 38 kota di Indonesia.

Salah satu fenomena qurban saat ini adalah menumpuknya daging qurban di saat Idul Adha dan Hari Tasyrik. “Alhamdulillah kesadaran umat Islam untuk berqurban sudah sangat tinggi. Hal itu terlihat dari meningkatnya pemesanan hewan qurban di Indonesia setiap tahun. RZ mengajak masyarakat agar mengoptimalkan daging qurbannya agar tidak dihabiskan dalam waktu singkat,” kata CEO RZ, Nur Efendi, Senin (8/9/14).

Ajakan tersebut, menurut Efendi didasarkan oleh sebuah hadits dimana Rasulullah melarang umatnya menghabiskan daging dalam waktu 3 hari. Sehingga saat itu bangsa Arab terbiasa mengasinkan daging qurban agar dapat dibawa berpergian.

“Sudah sunnatullah bahwa Indonesia adalah negara yang rawan akan bencana alam. Oleh karena itu kita perlu menyiapkan stok pangan, bilamana bencana itu datang. Kami rasa daging qurban bisa menjadi solusi,” ujarnya.

Adapun RZ sejak tahun 2000 memiliki program Superqurban yakni berupa optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi kornet sehingga memiliki daya tahan hingga 3 tahun. Selama 14 tahun, RZ telah mendistribusikan lebih dari 3 juta kornet Superqurban ke daerah bencana, dan rawan pangan, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Hakikat berqurban selain untuk mendekatkan diri pada Allah, adalah untuk berbagi kepada sesama manusia. Ada dimensi sosial di dalamnya. Oleh karena itu berqurban merupakan salah satu ibadah yang paling disukai Allah,” ungkap Efendi.  (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Lihat Juga

RZ Salurkan 510 Superqurban di Kampung Nelayan