Home / Konsultasi / Konsultasi Desain Interior / Bagaimana Cara Mengatur Gudang di Rumah Kita?

Bagaimana Cara Mengatur Gudang di Rumah Kita?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Gudang yang Tersamar yang memanfaatkan area bawah tangga yang biasanya kurang terolah. (rumahminimalis2014.com/)
Gudang yang Tersamar yang memanfaatkan area bawah tangga yang biasanya kurang terolah. (rumahminimalis2014.com/)

dakwatuna.com – Sahabat kreatif, mungkin hampir di setiap rumah kita, kantor, ruko, restaurant, atau bahkan kontrakan sekalipun  ada space ruangan yang kita sisihkan untuk dijadikan sebagai gudang. Tapi porsi ideal sebuah gudang tersebut apakah berdasarkan luas bangunan yang ada? Atau memanfaatkan daerah sisa yang sedikit kumuh, lembab dan kurang cahaya yang berada di pojokan atau bawah tangga yang kita alokasikan untuk menjadi sebuah gudang?.

Jawabannya tentu gudang itu harus kita rencanakan kebutuhan, lokasi dan penataan akses keluar masuk barangnya dan ventilasi udaranya. Sehingga gudang itu tidak identik dengan tempat yang gelap, berantakan, dan tempat binatang pengerat dan serangga bertempat tinggal.

Bagaimana caranya untuk mengatur gudang yang ideal?

Pertama,  gudang tidak harus besar, dikarenakan jika gudang terlalu besar (asumsi standar kamar umumnya) itu justru akan membuat dampak psikologis kita jika melihat barang yang tidak ada tempatnya, langsung saja di simpan di gudang dengan berasumsi gudang saya masih luas.

Kedua,  pilah barang yang masih terpakai, jarang terpakai, dan tidak terpakai, dan tempatkan barang yang masih terpakai dalam dua kategori menjadi terpakai sering dan tidak sering, seperti sapu, alat pel, ember ,gunting rumput, stok plastik sampah menjadi kategori sering terpakai yang ditempatkan ditempat yang mudah di ambil.

Dan yang tidak sering terpakai seperti kardus, alat elektronik yang rusak tapi masih bisa di perbaiki, buku, peralatan otomotif dan di usahakan di tempatkan per itemnya di dalam kardus agar tidak bercampur baur.

Berikutnya yang tidak terpakai, seperti koran bekas, majalah kadaluwarsa, atau buku yang sudah tidak bermanfaat  lagi keberadaannya langsung saja di buang.

Ketiga,  buat rak gantung yang mudah di buat yang bahan bakunya bisa kita beli di material, seperti siku L gantung dan papan untuk ngecor yang akan kita buat menjadi rak gantung atau bisa juga kita buat rak yang berbentuk loker, dan jangan lupa di berikan label di setiap kardusnya terkait material apa saja yang berada di dalam, misal seperti elektronik, otomotif, komik, dll, hal ini agar memudahkan kita dalam mencari barang yang kita inginkan.

Keempat,  tempatkan kamper atau prodak penyerap bau di setiap sudut yang rawan serangga

Kelima, maintenance gudang dengan di sapu dan di pel setiap harinya agar terus terjaga kebersihannya.

Sobat kreatif hal yang mudah bisa kita ciptakan, ruangan yang efektif dan efisien sangat memudahkan segala aktivitas kita, semoga dengan kedisiplinan diri kita berdampak ke pribadi yang rapih dan bersih, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.  (aldo/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Renaldo Aldo
Direktur CV. Suasana Kreasi. Contractor Interior exterior and Design. Concept and design interior exterior.

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Rumah Impian