Home / Berita / Daerah / Inaugurasi Anggota FLP Jakarta, Boim Lebon Berbagi Tips Menulis

Inaugurasi Anggota FLP Jakarta, Boim Lebon Berbagi Tips Menulis

Boim Lebon Berbagi Tips Menulis
Boim Lebon Berbagi Tips Menulis

dakwatuna.com – Jakarta. Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Jakarta baru saja melantik puluhan anggota baru angkatan ke-18 pada Ahad (7/9) di Ruang Penghargaan, Museum Bank Mandiri, Kota Tua, Jakarta.

Penulis kawakan yang kini menjadi salah satu produser televisi swasta, Boim Lebon, hadir dan berbagi tips terkait proses kreatif dalam menulis. Ketua FLP Wilayah Jakarta Raya, Sudiyanto, juga turut datang menyaksikan agenda tahunan itu.

Dalam sambutannya sebelum prosesi inaugurasi, Yusi Rahmaniar selaku Ketua FLP Jakarta mengucapkan selamat kepada para calon anggota yang dinyatakan lulus itu.

“Selamat datang kepada teman-teman angkatan 18. Mari sama-sama menjadi FLP ini sebagai rumah dan tempat kembali kita bersama teman-teman lainnya,” kata Yusi.

Perlu diketahui, sebelumnya, calon anggota FLP angkatan 18 itu telah mengikuti pelatihan kepenulisan jenjang Pramuda selama 6 bulan. Mereka belajar beberapa hal mendasar terkait dunia kepenulisan bersama para penulis dan pegiat literasi lainnya. Tak sedikit penulis yang sudah memiliki karya ikut memberikan materi, seperti Pipiet Senja, Iva Afianty, Sakti Wibowo, dan sebagainya.

Kini, setelah inaugurasi, sejumlah orang itu telah resmi bergabung pada jenjang Muda dalam sistem pengkaderan FLP.

Sementara Boim Lebon saat mengisi sesi sharing mengatakan, bahwa kunci membuat cerita dengan penokohan kuat dan alur yang menarik ialah memerhatikan tingkah laku orang di sekeliling kita.

“Contohnya ialah kisah Lupus yang sukses difilmkan, dan bahkan pernah menjadi sinetron favorit pada zamannya. Hilman Hariwijaya (penulis Lupus, red) adalah orang yang suka memerhatikan karakter teman-teman sekolahnya. Termasuk saya ini, menjadi objek yang kemudian mengilhaminya membuat cerita Lupus bersama kawan-kawan,” terang Boim.

Pria keturunan Jawa namun lahir dan besar di Jakarta itu menambahkan, wawancara dengan banyak orang di mana pun kita berada juga bisa salah satu sumber berharga bagi para penulis.

Selain inaugurasi dan sharing kepenulisan, aneka acara lain turut memeriahkan agenda tersebut, di antaranya penampilan stand-up comedy, musikalisasi puisi, dan drama musikal.

Kemudian, karena bertepatan pula dengan milad FLP Jakarta, ada pula acara pemotong tumpeng yang diwakilkan kepada Sudiyanto disaksikan para pengurus FLP Jakarta dan anggota yang hadir.

Akhirnya, sesi foto bersama menjadi pamungkas acara yang digelar sejak pukul 10 hingga pukul 15.30 itu.

FLP adalah organisasi pengaderan penulis yang sudah melahirkan banyak penulis kenamaan di Tanah Air. Sebut saja Habiburrahman el-Shirazy, Helvy Tiana Rosa, Pipiet Senja, dan banyak lagi lainnya tercatat pernah belajar dalam komunitas yang didirikan pada 1997 itu. (na/usb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang