Home / Berita / Daerah / Pesantren Bina Umat Yogya Kirim Santri ke PIR Nasional LIPI

Pesantren Bina Umat Yogya Kirim Santri ke PIR Nasional LIPI

Siswa SMP-SMA IT Bina Umat berfoto bersama Bupati Wakatobi Ir. Hagua saat pembukaan PIRN 2014
Siswa SMP-SMA IT Bina Umat berfoto bersama Bupati Wakatobi Ir. Hagua saat pembukaan PIRN 2014

dakwatuna.com Yogyakarta. Pesantren Bina Umat mengirimkan santrinya ke even Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-13 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara. PIRN dibuka oleh Bupati Wakatobi Ir Hagua dan ketua LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim pada Senin, 8-9-14. Even ini adalah program nasional LIPI untuk menumbuhkan kreatifitas remaja dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pesantren Bina Umat sendiri mengirimkan 6 siswa. “Pesantren bukan hanya menguatkan santri dalam sisi agama saja, tapi juga mahir melakukan riset di bidang sosial dan teknologi. Dua hal itu tak dapat dipisahkan,” ujar guru pendamping SMP-SMA IT Bina Umat, Arif Agung.

PIRN yang akan dilaksanakan 7-14 Sept 14 ini diikuti 450 siswa dari dan 103 guru pendamping dari SMP dan SMA seluruh Indonesia. Dari Yogyakarta diwakili oleh SMP-SMA IT Bina Umat dan SMA 6 Yogya.

Even ini berupa pemberian materi metodologi penelitian dalam kelas di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), serta pelatihan penelitian di lapangan dan pembinaan untuk menulis karya ilmiah. Pada praktiknya peserta membuat teknologi yang sangat bermanfaat diantaranya: alat pedeteksi tsunami, pengubah air asin menjadi air tawar, penyaring logam di air, dan lain sebagainya.

Acara ini sangat seru, menyenangkan, menambah pengetahuan. Apalagi juga bertemu dengan siswa-siswa dari seluruh Nusantara, ungkap Syifa Rafifah peserta asal Sleman Yogyakarta. (usb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Salah satu ruang kelas di sekolah Israel. (islammemo.cc)

Parlemen Knesset Wajibkan Pelajaran Bahasa Arab di Sekolah-sekolah Israel

Organization