Home / Berita / Internasional / Asia / Berapakah Dana yang Dibutuhkan Untuk Bangun Gaza Kembali?

Berapakah Dana yang Dibutuhkan Untuk Bangun Gaza Kembali?

Sisi kehancuran bangunan di Gaza (www.aps.dz)
Sisi kehancuran bangunan di Gaza (www.aps.dz)

dakwatuna.com – Gaza. Pemerintah otoritas Palestina mengumumkan secara global dana yang dibutuhkan untuk membangun kembali Jalur Gaza pasca serangan Israel selama 7 pekan.

Dalam keterangan persnya, Kamis (4/9/2014) kemarin, pemerintah otoritas Palestina menyatakan bahwa dibutuhkan dana sebesar US$ 7.8 miliar (Rp 95.6 triliun). Jumlah itu adalah perkiraan maksimal yang dibutuhkan untuk memperbaiki semua yang telah dihancurkan Israel. Karena banyak distrik dan perkampungan yang benar-benar habis luluh lantak akibat serangan tersebut.

Dalam keterangan tersebut, dijelaskan bahwa untuk memperbaiki dan membangun kembali 17 ribu rumah di Gaza diperlukan US$ 2.5 miliar (Rp 30.6 triliun). Sedangkan untuk membangun kembali instalasi energi,  yang dihancurkan Israel dengan dua buah rudalnya, diperlukan US$ 250 juta (Rp 3 triliun).

Pengamat ekonomi dari gerakan Fatah, Mohammed Shtyah, mengatakan bahwa Gaza benar-benar hancur. Dibutuhkan bantuan segera untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, diperlukan juga persatuan internal antar berbagai kekuatan politik dan kesediaan Israel membuka akses-akses perbatasannya. (msa/dakwatuna/islemmemo)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 7,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina