Home / Berita / Internasional / Asia / Survei: Hamas Akan Menang Telak dalam Pemilu Legislatif dan Presiden

Survei: Hamas Akan Menang Telak dalam Pemilu Legislatif dan Presiden

Festival kemenangan yang diadakan Hamas (Palestine Times)
Festival kemenangan atas Israel yang diadakan Hamas (Palestine Times)

dakwatuna.com – Gaza. Sebuah survei menghasilkan bahwa jika pemilu legislatif dan presiden diadakan saat ini di Palestina, maka Hamas (Gerakan Perlawanan Islam) akan memperoleh kemenangan besar. Jauh mengalahkan gerakan pembebasan tanah air (Fatah) dan presiden Mahmud Abbas yang popularitasnya semakin merosot.

Survei yang dilakukan oleh Pusat Survei Politik Palestina ini berlangsung dari tanggal 26-30 Agustus 2014, dan hasilnya dipublikasikan Rabu (3/9/2014) kemarin. Ternyata kemenangan gerakan-gerakan perlawanan, terutama Hamas, dalam menghadapi serangan Israel selama 51 hari, sangat mengangkat popularitas Hamas.

Hasil survei menyebutkan bahwa telah terjadi perubahan sangat besar dalam dukungan terhadap Hamas sejak tahun 2006. Popularitas Hamas semakin bertambah bukan saja di Gaza, tapi juga di Tepi Barat, sejak serangan Israel terakhir. Hal itu karena Brigade Izzudin Al-Qassam, sayap militer Hamas, adalah ujung tombak dalam menghadapi serangan brutal tersebut.

Mayoritas penduduk Palestina, menurut hasil survei, lebih memilih alternatif perlawanan seperti yang dilakukan Hamas, daripada alternatif perundingan yang dikedepankan Fatah. Survei yang melibatkan 1200 responden di Gaza dan Tepi Barat menghasilkan kemenangan mutlak Ismail Haniyya (63%) melawan Mahmud Abbas (32%).

Haniyya diperkirakan memperoleh 53% suara di Gaza dan 63% suara di Tepi Barat. Sementara itu Abbas diperkirakan memperoleh 45% suara di Gaza dan 25% di Tepi Barat. Padahal sebelum serangan Israel, Abbas diperkirakan mendapatkan 53% di Tepi Barat dan Gaza, sementara itu Haniyya hanya mendapatkan 41% saja.

Adapun dalam pemilu legislatif, Hamas diperkirakan juga akan menang (46%). Sementara itu Fatah akan memperoleh 31% dukungan, dan kekuatan politik lain (7%). (msa/dakwatuna/almoslim)

Advertisements

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 7,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Warga Palestina 48 Sambut Kebebasan Syaikh Raed Salah