Home / Berita / Daerah / Pemprov Jabar Dorong Tol Cikampek-Palimanan dan Cileunyi-Sumedang-Dawuan Beroperasi Akhir 2017

Pemprov Jabar Dorong Tol Cikampek-Palimanan dan Cileunyi-Sumedang-Dawuan Beroperasi Akhir 2017

Peta rute Tol Cikampek - Palimanan. (bukaka.com)
Peta rute Tol Cikampek – Palimanan. (bukaka.com)

dakwatuna.com Pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) yang tengah berjalan diminta sudah tuntas dan beroperasi sebelum akhir tahun 2017.

Permintaan ini terkait dengan operasional Bandara Internasional Kertajati, Majalengka. Kedua tol tersebut akan menjadi akses utama bandara yang tak jauh dari perbatasan Jateng itu baik dari utara maupun selatan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan usai menggelar rapat pimpinan di Gedung Sate Bandung, Selasa (2/9).

“Pembangunan Cisumdawu dan Cikapali ini sejalan dengan pembangunan Kertajati. Kalau bandara sudah beres, sementara tol belum beres juga, celaka kan,” jelasnya.

Untuk kepentingan tersebut, pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan Kemenko Perekonomian dan kementerian terkait. Pemprov Jabar menekankan urgensi kedua jalan tol itu bagi bandara modern itu.

“Jika bisa, beresnya bersamaan. Lebih baik, ketika bandara diresmikan antara akhir 2017 atau paling telat awal 2018, tolnya sudah beroperasi terlebih dahulu. Kalau tidak, tidak akan match, itu yang akan kita bahas dengan Menko,” jelasnya.

Dalam kaitan itu, Pemprov siap mendorong percepatan pembangunan tol tersebut. Di antaranya Cisumdawu dengan menyelesaikan ketersediaan lahan di Seksi I. Pihaknya pun menawarkan swasta untuk terlibat.

Seksi I Cisumdawu membentang antara Cileunyi-Rancakalong, Sumedang. Pemprov membantu memfasilitasi penyelesaian pembebasan lahan Seksi I karena merupakan trase vital ke Sumedang. (SMNetwork/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Aher Ungkap Tiga Sektor Penyumbang PDRB Terbesar di Jabar