Home / Berita / Internasional / Asia / Akibat Perang Gaza, Israel Diguncang Kerugian Ekonomi yang Besar

Akibat Perang Gaza, Israel Diguncang Kerugian Ekonomi yang Besar

Ilustrasi (facekooora.com)
Ilustrasi (facekooora.com)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Negara Zionis Israel mengalami kerugian di berbagai sektor akibat. Penyebabnya tak lain karena agresi militer antara tentara Zionis melawan pejuang Jalur Gaza selama 51 hari kemarin.

Sebuah media cetak The Marker, seperti dilansir Memo Islam, Ahad (30/8/2014) hari ini, menjelaskan kondisi perekonomian Israel terus merosot dan mengalami kerugian besar yang mencapai angka US$ 650 juta (Rp 8 triliun).

Media ini juga menyebutkan banyak perjalanan wisata dari dan ke Israel dibatalkan karena perang ini. Keadaan ini diperkirakan akan terus terjadi sampai beberapa bulan ke depan.

Dampak dari mundurnya sektor-sektor di Israel sangat memengaruhi sektor pariwisata. Di samping itu, kerugian yang terjadi di sektor pertanian mencapai US$ 70 juta (Rp 855 miliar).

Lebih lanjut, The Marker menambahkan bahwa kerugian yang diterima oleh Israel secara tidak langsung mencapai US$ 360 juta (Rp 4.3 triliun). Meliputi pabrik-pabrik di wilayah Haifa hingga perbatasan Gaza Selatan. Kerugian ini disebabkan karena absennya para pekerja dan tidak adanya pasokan bahan baku akibat terjadinya perang.

Menurut hasil riset dari Divisi Penelitian dalam Persatuan Industri, Bangunan, dan lainnya, kerugian lain yang dialami Israel adalah bidang infrastruktur. Kerugian yang mencapai US$ 20 juta (Rp 244 miliar) ini disebabkan oleh roket dan rudal yang mengenai bangunan-bangunan.

Perang ini juga menyebabkan turunnya penjualan di toko-toko Israel, khususnya di Jerusalem dan Tel Aviv sebesar 8%. Sedangkan penurunan di Israel bagian selatan mencapai 12%.

The Marker juga mengatakan bahwa walaupun perekonomian Israel mengalami guncangan parah tapi tidak memengaruhi pasar saham Tel Aviv. (jafar/msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 9,89 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Organization