Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Membuat Rumah Agar Aurat Keluarga Tidak Nampak?

Bagaimana Membuat Rumah Agar Aurat Keluarga Tidak Nampak?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

PATRIA CIPUTAT view 1dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna.com , saya ingin merenovasi rumah lama kami. Denah awal kami lampirkan di email. Dengan kondisi 3 kamar tidur di bawah dan 1 gudang + cuci jemur di atas.

Rencananya kami ingin ada 2 ruang tidur di lantai dasar. 2 kamar tidur di lantai atas. Carport mobil yang selama ini terpisah ingin kami satukan. Lalu kami ingin membuat privacy yang baik bagi keluarga. Hingga jika tamu berkunjung ke rumah, aurat keluarga tidak nampak.

Lalu kami juga ingin membuat dapur yang lega dan lapang. Hingga ruang makan dan ruang keluarga yang selama ini sempit menjadi nampak luas.

Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas perhatian Pak Andan. Semoga dakwatuna dapat tetap istiqamah memberikan jawaban-jawaban yang bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Patria-Ciputat

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Patria di Ciputat, terima kasih atas aksesnya kepada kami. Semoga silaturahim ini dapat berlanjut. Hingga kelak rumah yang dibangun dapat terlaksana sesuai dengan keinginan dan sesuai pula dengan kaidah arsitektur yang baik.

Netters dakwatuna sekalian, carport rumah Pak Patria yang terbelah 2 saya satukan di sisi kiri bangunan. Karena dapur ada di area ini. Hingga pola service areanya tidak berubah. Langsung tegak lurus dan tidak saling silang yang membuat boros sirkulasi.

Pintu dapur saya buat dari samping. Hingga jika pintu dibuka aurat tidak nampak langsung dari muka jalan atau rumah tetangga depan. Pola ini juga menjadikan pintu utama masuk ke dalam rumah menjadi tegas. Karena pintu dapur menjadi tersamar.

Aurat keluarga dapat juga dijaga dengan membuat teras tamu. Bagian muka rumah yang biasa disebut teras sering kita abaikan. Padahal jika dibuat lega dan nyaman, ruang ini bisa menjadi teras tamu. Biasa kita sebut juga dengan istilah beranda.

Konsep ini sebenarnya menghilangkan ruang tamu. Karena tamu cukup diterima di beranda saja. Atau teras tamu. Namun jika masih ingin tetap membuat ruang tamu, maka kita bisa membuatnya kecil saja. Dengan partisi pembatas ke ruang makan dan keluarga. Hingga masing-masing area memiliki privacynya sendiri-sendiri.

Netters sekalian, tembok lama kamar tidur di sisi kiri saya bongkar. Hingga kesan ruang keluarga dan ruang makan menjadi lapang dan lega. Area ini menjadi hall besar yang cukup menampung orang banyak jika sedang ada hajatan.

Pola ini juga membuat saya mudah meletakkan tangga ke lantai 2. Area samping kamar mandi yang agak berbelok saya manfaatkan untuk peletakan tangga. Hingga sirkulasi menjadi mudah dan tidak makan tempat.

Untuk lantai 2 saya dapat memanfaatkan bangunan lama yang ada. Gudang saya ubah menjadi ruang tidur. Lalu ruang cuci jemur saya jadikan ruang duduk hingga memiliki void ke bawah. Pola ini menjadikan peletakan tangga hemat, karena tinggal disambung ke cor dak beton lama.

Bangunan baru di atas hanyalah kamar tidur yang ada di belakang, lalu ruang cuci jemur dan kamar mandi yang tepat berada di atas kamar mandi bawah.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga Pak Patria diberi kelapangan harta yang berkah, hingga rumah idaman ini dapat segera terwujud.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan/order desain dan pelaksanaan ke: [email protected] (0817-496-5742)

PATRIA CIPUTAT denah renov detailPATRIA CIPUTAT denah renovPATRIA CIPUTAT DETAIL ATAPPATRIA CIPUTAT view 1PATRIA CIPUTAT view 8PATRIA CIPUTAT view 9PATRIA CIPUTAT view 11

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (59 votes, average: 8,19 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Muhamad Sulaiman

    Barakallah, Semoga menjadi rumah yang Syar’i

  • Fatirah

    Assalamualaikum,

    Subhanallah, masyaAllah, sangat membantu. Tapi bisa ndak dipinjamkan untuk ditranslate bahasanya ke bahasa Malaysia?

Lihat Juga

Sambudi, seorang Guru yang jadi pesakitan setelah dilaporkan orang tua muridnya ke polisi akibat mencubit. (tribunnews.com)

Kasus Guru Dipolisikan, Ketidakselarasan Peran Rumah dan Sekolah