Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Gigi Berlubang Tidak Sakit, Perlukah Dicabut ?

Gigi Berlubang Tidak Sakit, Perlukah Dicabut ?

Gigi Berlubang.  (buletinsehat.com)
Gigi Berlubang. (buletinsehat.com)

dakwatuna.con – 

 

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr wb

Dokter Ibnu di dakwatuna, gigi saya ada yang berlubang. Kadang terasa sakit sekali. Apa perlu saya mencabut gigi yang berlubang itu?

Terima kasih sebelumnya.

Wassalaamu’alikum wrwb

Zakiyah

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Zakiyah yang saya hormati, terima kasih atas akses nya ke dakwatuna. Semoga silaturahim ini membawa keberkahan.

Netters dakwatuna sekalian, gigi berlubang memiliki kedalaman yang beragam. Ada 3 tingkat kedalaman yang bisa saya jelaskan. Email, dentin dan pulpa. Ketika lapisan nya baru sampai di email gigi, maka hal ini tidak terlalu terasa sakit. Namun ketika lubang gigi sudah sampai ke lapisan dentin, maka sudah mulai terasa ngilu pada saat minum dingin atau makan makanan yang manis.

Ketika lubang sudah sampai pulpa, nyeri nya akan semakin parah. Akan terasa spontan tanpa picu makanan manis atau minuman  dingin. Pulpa ada 2 tipe lubang, pulpa reversible nyerinya mirip karies ( gigi berlubang ) dentin. Lalu Pulpa erversibel, yang nyeri nya sudah spontan tanpa picu tertentu. Sakit gigi akan terasa terus menerus tanpa henti.

Jadi lubangnya harus dilihat sejauh mana kedalamannya serta keluhan pasien. Analisa ini penting untuk menentukan diagnosa.

Ibu Zakiyah, saat ini kedokteran gigi lebih menekankan mempertahankan gigi yang ada dibandingkan mencabut. Jadi cabut gigi adalah pilihan terakhir. Saya sarankan Ibu segera periksa ke dokter gigi. Karena gigi yang berlubang, walaupun tidak sakit, kondisinya sangat rentan terserang penyakit.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

(sbb/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 7,11 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
drg. Nuh Ibnu Adrian, MARS
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Pendidikan Pemuda dan Penyakit Sekolahisme