Home / Berita / Internasional / Asia / Amerika Berikan Bantuan Senjata ke Kurdistan

Amerika Berikan Bantuan Senjata ke Kurdistan

Peshmerga, militer Kurdistan (blogs.cfr.org)
Peshmerga, militer Kurdistan (blogs.cfr.org)

dakwatuna.com – Arbil. Pemerintah Amerika Serikat, Senin (11/8/2014) malam, menyatakan akan membantu persenjataan pemerintah Kurdistan. Bantun itu untuk menghadapi serangan organisasi Negara Islam di Irak dan Syam (ISIS) yang saat ini gencar melakukan serangan perluasan ke wilayah Kurdistan.

Menurut keterangan tersebut, bantuan senjata ini diberikan oleh badan intelijen Amerika (CIA). Namun departemen pertahanan, Pentagon, juga akan memberikan bantuan yang sama dalam waktu dekat. Bantuan itu akan diberikan kepada pasukan Kurdi yang baru-baru ini berhasil merebut dua wilayah strategis dari tangan ISIS.

Selain dari Amerika, Kurdistan juga mendapatkan bantuan senjata dari pemerintah pusat, di Baghdad. Bantuan tersebut telah diberikan dalam tiga tahapan. Sejak dulu, semua bantuan senjata dari Amerika untuk Irak selalu diberikan ke Baghdad. Sampai pemerintah Kurdistan pun mengeluhkan hal tersebut.

Pemerintah Amerika beberapa waktu terakhir ini memang mendapatkan banyak tekanan untuk melakukan tindakan menyikapi beberapa masalah sensitif, termasuk semakin luasnya pengaruh dan kekuasaan ISIS. Amerika terkesan sangat lambat, atau bahkan banyak pihak mengatakan, membiarkan semua itu terjadi. (msa/dakwatuna/almesryoon)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Faktor Kemenangan Trump Yang Mengejutkan*