Home / Berita / Internasional / Asia / Yunnan Diguncang Gempa, 367 Tewas dan Ribuan Orang Terluka

Yunnan Diguncang Gempa, 367 Tewas dan Ribuan Orang Terluka

Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa berskala 6,1 richter di Provinsi Yunnan, Cina. Minggu (3/8/14).  (AP/Xinhua)
Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa berskala 6,1 richter di Provinsi Yunnan, Cina. Minggu (3/8/14). (AP/Xinhua)

dakwatuna.com – Beijing.  Tercatat 367 orang tewas akibat gempa bumi yang mengguncang barat daya Provinsi Yunnan, Tiongkok, China. Selain itu, diperkirakan sebanyak 2 ribuan lebih orang mengalami luka akibat gempa yang berkekuatan besar itu.

“Setidaknya ada 367 orang tewas dan 1.881 orang terluka,” kata kantor berita Xinhua seperti dilansir AFP, Senin (4/8/2014) dini hari.

Gempa terjadi di Zhaotong. US Geological Survey (USGC) mencatat gempa berkekuatan 6,1 skala richter. Sumber gempa relatif dangkal di kedalaman 10 kilometer.

Gempa besar ini memporak-porandakan bangunan. Rata-rata korban tewas terkena timbunan bangunan. Gempa juga memutuskan aliran listrik dan memecahkan pipa air. Rekaman siaran televisi setempat memperlihatkan orang-orang yang panik berlarian ketika gempa terjadi.

Dinding-dinding mengalami keretakan dan tumpukan bata berserakan di jalanan. Selain itu, gempa juga berakibat longsoran tanah dan menimbun ratusan korban.

Penduduk Ludian, salah satu kota yang terkena dampak gempa, mengibaratkan dampak gempa menyerupai ‘medan perang yang dibombardir’ yang meluluhlantakan bangunan.

Wilayah Ludian termasuk wilayah yang mengalami dampak gampa paling parah. 122 warganya tewas sementara 180 orang hilang. Sementara 1.300 orang mengalami luka. Ludian tercatat memiliki 266 ribu jiwa.

Dalam laporannya, Xinhua menyatakan sebanyak 2.500 personel tentara dikerahkan ke wilayah terdampak gempa. Mereka akan bergabung bersama 300 polisi setempat dan petugas pemadam kebakaran di Zhaotong. (detik/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tontowi/Liliyana maju kepartai Final Bulutangkis Olimpiade 2016 Brasil setelah mengalahkan pasangan Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei. (sindonews.com)

Maju ke Final Bulutangkis Olimpiade, Tontowi/Liliyana jadi Satu-satunya Wakil Indonesia

Organization