Home / Berita / Nasional / LBH Adil Sejahtera: Perdagangan Perempuan Indonesia Sudah Menjadi Kejahatan Luar Biasa

LBH Adil Sejahtera: Perdagangan Perempuan Indonesia Sudah Menjadi Kejahatan Luar Biasa

Perdagangan Manusia (cathnewsusa.com)
Perdagangan Manusia (cathnewsusa.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Belasan gadis belia yang menjadi korban Trafficking (“Perdagangan Orang”) di Malaysia  dipulangkan ke Indonesia pada senin lalu (21/07/14) dan ditempatkan sementara di rumah penampungan di bilangan Cipayung, Jakarta Timur.

Melati (bukan nama sebenarnya)  merupakan salah satu korban trafficking yang nasibnya sangat memprihatinkan. Gadis belia asal Jagakarsa, Jakarta Selatan ini pada awalnya ditawari sebuah pekerjaan di Malaysia oleh seorang wanita yang dikenalnya dengan sebutan “tante”.

Melati yang mengaku terdesak kebutuhan untuk segera membayar tunggakan cicilan motornya, pada akhirnya menerima tawaran si tante. Namun alih-alih mendapatkan pekerjaan yang diharapkan, Melati dijual ke sebuah panti pijat plus-plus di daerah Puchong Jaya, Kuala Lumpur dan dipekerjakan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK).

Fitri Harahap, SH, Direktur LBH Adil Sejahtera yang menjadi kuasa hukum keluarga Melati menyatakan bahwa kepergian Melati ke Malaysia tanpa sepengetahuan keluarga. Pihak Keluarga mengetahui Melati berada di Malaysia dan dipekerjakan sebagai PSK dari SMS yang dikirimkan Melati kepada kakaknya. Pihak keluarga kemudian mengadukan hal tersebut dan meminta bantuan hukum kepada LBH Adil Sejahtera.

“Di tempat itu, Melati dipekerjakan sebagai Pekerja Seks Komersial dan dipaksa  melayani laki-laki hidung belang 3-4 orang setiap harinya”, tegas Fitri.

Menurutnya, kondisi menyedihkan yang dialami Melati ini merupakan gambaran kondisi akut kejahatan perdagangan perempuan Indonesia yang dijual ke panti-panti pijat terselubung baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan modus agen penyaluran tenaga kerja.

“Ini merupakan kejahatan luar biasa dan karenanya harus ditangani serius oleh pemerintah dengan upaya yang luar biasa pula”, pungkasnya. (LBH AD/sbb/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pesantren Kilat yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Muslimah (FOKMA) daerah Perak Malaysia, di depan asrama pekerja Unisem Simpang Pulai, Malaysia, Ahad, (26/6/2016). (YY Farikha)

(Foto) FOKMA Perak Malaysia Gelar Sanlat Bertema “Mengenali Diri tuk Lebih Dekat dengan Ilahi”

Organization