Home / Berita / Internasional / Asia / Berbagi Keberkahan Ramadhan di Negeri 1000 Pagoda

Berbagi Keberkahan Ramadhan di Negeri 1000 Pagoda

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU  melaksanakan program buka puasa bersama bagi muslim Myanmar yang difokuskan di Masjid Ngwe Aye yang berada di Wilayah Daw Pone Township, 15 kilometer dari kota Yangon. (teguh/kis/PKPU)
PKPU melaksanakan program buka puasa bersama bagi muslim Myanmar yang difokuskan di Masjid Ngwe Aye yang berada di Wilayah Daw Pone Township, 15 kilometer dari kota Yangon. (teguh/kis/PKPU)

dakwatuna.com – Yangon.  Setelah dimulai dengan program Qurban pada tahun 2012, Ramadhan 1435 H tahun 2014 ini merupakan Ramadhan kedua bagi PKPU bersama mitra berbagi keberkahan Ramadhan  bersama muslim yang berada di Myanmar, khususnya etnis Rohingya yang hingga saat ini masih hidup dalam pengungsian.

Kali ini PKPU dengan dukungan dari mitra donor ICNA Relief Canada melaksanakan beberapa program Ramadhan yaitu program buka puasa bersama  dan distribusi paket makanan. Untuk itu PKPU kembali mengirimkan tim relawan-nya untuk melaksanakan program Ramadhan yang sudah disepakati bersama mitra.

Dimana program tersebut akan dilaksanakan di tiga lokasi yaitu di Yangon, Mekhtila, dan SItwe. Dengan target penerima manfaat untuk program buka puasa bersama sebanyak 2000 orang, dan mendistribusikan 700 paket makanan yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi para pengungsi rohingnya.

Setelah tim Ramadhan PKPU tiba di Yangon, Myanmar pada hari Jumat (18/7) dan melakukan koordinasi dengan mitra lokal PKPU yang berada di Myanmar, hari Sabtu (19/7) tim Ramadhan PKPU telah melaksanakan program buka puasa bersama bagi muslim Myanmar yang difokuskan di Masjid Ngwe Aye yang berada di Wilayah Daw Pone Township, 15 kilometer dari kota Yangon.

Walaupun hujan deras melanda hampir seluruh wilayah Yangon, namun tak menyurutkan semangat para muslim Myanmar untuk datang menghadiri undangan program buka puasa bersama ini. Sebanyak 700 muslim Myanmar dari berbagai usia hadir dan mengikuti program ini yang merupakan kerjasama dengan mitra ICNA Relief Canada. Mereka sangat senang dan antusias.

Menurut Ibrahim, seorang muslim Myanmar yang merupakan koordinator program ini, “baginya dan muslim Myanmar umumnya buka puasa kali ini teramat istimewa. bukan hanya sekedar program buka puasa biasa.” katanya.

“Buka Puasa yang dilaksanakan oleh PKPU dan ICNA Relief Canada ini yang lebih pentingnya adalah bagaimana ukhuwah islamiyah antar muslim yang berada di Indonesia dan Canada dapat menjadi penyemangat bagi umat muslim yang berada di negara 1000 pagoda”, lanjut Ibrahim.

Sebagai informasi, populasi muslim yang berada di Daw Pone Township ini merupakan komunitas muslim terbesar di Yangon, yang mencapai 5.000 jiwa dari berbagai etnik, mulai dari asli Myanmar, hingga dari beberapa Negara seperti Pakistan dan India.

Direncanakan keesokan hari (minggu), tim Ramadhan PKPU bersama mitra dari ICNA Relief Canada akan mengadakan program yang sama dan distribusi paket makanan ke wilayah Mekhtila. Dimana wilayah tersebut pada tahun 2012 yang lalu mengalami konflik SARA. Banyak korban jiwa berjatuhan. Maka dengan adanya program Ramadhan diwilayah tersebut. Semoga dapat memberikan harapan dan penyemangat bagi umat muslim disana bahwa saudara semuslim masih ada yang peduli terhadap penderitaan mereka. (teguh/kis/PKPU/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Sukismo

Lihat Juga

PKPU Mengirimkan Tim Kemanusiaan ke Myanmar (Putri/PKPU)

PKPU Berangkatkan Tim Pembawa Misi Kemanusiaan ke Myanmar