Home / Berita / Internasional / Eropa / Indonesia Gabung dengan Komisi Investigasi Internasional MH17

Indonesia Gabung dengan Komisi Investigasi Internasional MH17

Puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH-17 yang jatuh di Grabovo, wilayah Donetsk, Ukraina (17/7).  (metro.co.uk)
Puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH-17 yang jatuh di Grabovo, wilayah Donetsk, Ukraina (17/7). (metro.co.uk)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pemerintah Republik Indonesia telah memastikan diri bergabung dalam komisi investigasi internasional dalam mengusut tuntas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di timur Ukraina, Kamis (17/7/14) lalu.  Komisi yang dipimpin oleh Deputi Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman tersebut terdiri dari tiga kelompok kerja yaitu penerbangan, penyidikan puing dan konsuler.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada wartawan saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Ahad (20/7).

Menurut Marty, perwakilan pemerintah RI yang bergabung ke dalam komisi untuk sementara adalah Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ukraina.

“KBRI kita di Ukraina sudah mengikuti proses briefing dan seterusnya.  Sehingga, Indonesia sudah ada pijakannya di proses investigasi.  Hingga saat ini, memang belum ke lapangan, masih berada di Kiev (ibu kota Ukraina) dan belum langsung terjun ke lapangan,” kata mantan Dubes RI untuk Inggris tersebut.

Saat ditanya rencana perwakilan RI terjun ke lapangan, Marty memberikan penjelasannya.  “Tergantung situasi di sana.  Karena Anda ketahui, situasi di lokasi masih sangat terbatas dan masih ada sedikit dinamika antara pemerintah Ukraina dengan pihak-pihak separatis di sana.  Yang penting dalam proses-proses briefing oleh Pemerintah Ukraina, Indonesia sudah duduk di sana,” kata Marty.  Selain Indonesia, Pemerintah Australia pun telah bergabung ke dalam komisi. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Pribadi Bangsaku