Home / Berita / Internasional / Asia / Postingan di Facebook Jadi Kata-kata Terakhir Penumpang MH17

Postingan di Facebook Jadi Kata-kata Terakhir Penumpang MH17

Foto MH17 yang diposting oleh penumpang asal Belanda Cor Pan dihalaman Facebook nya. (liputan6.com)
Foto MH17 yang diposting oleh penumpang asal Belanda Cor Pan dihalaman Facebook nya. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Kiev.  Pesawat Malaysia Airlines MH17 dengan rute penerbangan dari Amsterdam, Belanda ke Kuala Lumpur, Malaysia mengalami kecelakaan pada Kamis 17 Juli 2014. Boeing 777 itu jatuh dan terbakar akibat ditembak roket di Ukraina.

Salah satu penumpang asal Belanda, Cor Pan sempat mengunggah foto pesawat MH17 sebelum terbang dan keterangan foto yang menjadi kata-kata terakhirnya.

“Lihat ini penampakan pesawat jika nanti menghilang,” tulis Pan dalam akun Facebook, seperti dimuat News.com.au, Jumat (18/7/2014). Kata-kata itu dipercaya sebagai isyarat bahwa pesawat bakal celaka.

Beberapa jam kemudian, setelah pesawat diketahui kecelakaan, sejumlah ucapan duka cita membanjiri laman Facebook Pan. Seperti yang dituliskan seorang teman bernama Eric Buijs.

“Istirahat dengan tenang teman lama-ku,” tulis Buijs.

Hal serupa juga ditulis sahabatnya yang lain. “Semoga istirahat dengan tenang. Saya tak menyangka bisa seperti ini,” tulis Saul Jonk.

Kecelakaan MH17 pertama kali dikabarkan oleh penasihat Kementerian Dalam Negeri Anton Gerashenko. Dia mengatakan, MH17 jatuh karena ditembak di antara kawasan Krasni Luch, Luhansk dan Shakhtarsk, dekat Donetsk.

Dalam rilisnya, pihak maskapai Malaysia Airlines mengatakan mereka kehilangan kontak dengan pesawat MH17 pada Kamis pukul 14.17 waktu setempat. Kontak terakhir terjadi di Tamak, 50 km dari perbatasan Rusia-Ukraina.

Ada 295 orang di pesawat maskapai MH17. Mereka terdiri dari 280 penumpang dan 15 kru pesawat. Data yang dilansir Reuters menunjukkan penumpang tersebut terdiri dari 27 warga Australia, 23 warga Malaysia, 11 warga Indonesia, 6 warga  Inggris, 4 warga Jerman, 3 warga Belgia, 3 warga Filipina, 1 warga Kanada.

Media Malaysia The Star menambahkan, ada 4 warga Prancis yang berada di Boeing 777 nahas tersebut. “Puluhan lainnya belum diketahui.”

Kecelakaan ini terjadi beberapa bulan setelah raibnya pesawat Malaysia Airlines MH370 pada 8 Maret 2014. Hingga kini pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu belum ditemukan.  (liputan6/sbb/dakwatuna)

 

(Rizki Gunawan)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (16 votes, average: 8,25 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

gerhana-matahari-total-2016-featured-image

Inilah Foto dan Video Gerhana Matahari Total 2016 yang Spektakuler