Home / Berita / Nasional / Pernyataan Quraish Shihab bahwa Rasulullah tak Dijamin Masuk Surga Menuai Protes

Pernyataan Quraish Shihab bahwa Rasulullah tak Dijamin Masuk Surga Menuai Protes

Pakar Hadits Quraish Shihab . (Youtube)
Pakar Hadits Quraish Shihab . (Youtube)

dakwatuna.com – Jakarta.  Tayangan Tafsir Al-Misbah yang dibawakan Quraish Shihab di Metro TV pada Sabtu (12/7/14) menunai kontroversi. Itu setelah pakar hadits terkemuka tersebut menyinggung bahwa Nabi Muhammad Saw. tidak mendapat jaminan tempat di surga.

Pernyataan itu dikeluarkan alumnus Universitas Al Azhar Kairo itu ketika ditanya sang pembaca acara bahwa Rasulullah adalah manusia mulia yang dijamin masuk surga.

Berikut kutipan dialog tersebut:

Tidak benar. Saya ulangi tidak benar bahwa Nabi Muhammad mendapat jaminan Surga. Surga itu hak prerogatif Allah. Memang kita yakin bahwa Beliau mulia. Mengapa saya katakan begitu? Karena ada seorang sahabat Nabi dikenal orang, terus teman-teman di sekitarnya berkata, ‘bahagialah Engkau akan mendapat surga’. Kemudian Nabi dengar, siapa yang bilang begitu, Nabi berkata, tidak seorang pun orang masuk surga karena amalnya, dia berkata baik amalnya akan masuk surga, surga adalah hak prerogatif Tuhan,” ujar Quraish Shihab.

Dia melanjutkan, “Kalau ditanya, kamu pun tidak wahai Muhammad? Kecuali kalau Allah menganugerahkan rahmat kepada saya. Jadi kita berkata, kita berkata dalam konteks surga dan neraka tidak ada yang dijamin Tuhan, kecuali kita katakan bahwa Tuhan menulis di dalam kitab sucinya bahwa yang taat itu akan dapat surga. Ada ayatnya,” tambahnya.

Penjelasan mantan menteri agama tersebut sempat ramai dibicarakan di lini masa. Salah satu akun Twitter, @jonru termasuk yang mempermasalahkannya. Selain mempertanyakan dalil Quraish Shihab, sang pemilik akun juga menyinggung bahwa ulama kondang tersebut juga seorang penganut Syiah.

“Aneh karena banyak orang yang mengira bahwa saya merupakan orang pertama yg mengatakan Quraish Shihab itu syiah. Hehehe… ke mane aje loe?” kicaunya.

Berikut Link di Youtube http://www.youtube.com/watch?v=wCs4hXUWoKk

(ROL/sbb/dakeatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (17 votes, average: 6,29 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Dodi

    Kaburkanlah kepercayaan kami trhdp Alquran wahai ustad babi! smga anda dilaknat Allah !!

  • Ori Barbarosa

    inilah indon ,pasti ulama2 indon di MUI tdk berani mencekal si quraisy ,KPI pun blm tentu bisa atau berani menutup acara yg ga jelas itu . . . . .

    • Dian7

      Anda seperti Lebih pintar saja dari para ulama indonesia…hahahaa..

  • emon wahyudi

    semoga umat islam semakin teguh imannya. halal daranya bagi orang yang mencela nabi Mhammad SAW

  • wwahyuasyrafalbantani

    logika’y ahli maksiat blm tentu masuk neraka,krn neraka adalah hak prerogatif ALLAH, astagfirullah al’adjim, kbanyakan ngurusin politik sih,jadi’y kbelinger, yuk skali lagi sama2 BACA ISTIGFAAR

    • Radhite Prabandaru Aji

      memang blum tentu, pernah dengar kisah seorang pelacur masuk surga hanya karena memberi minum anjing yg kehausan?

  • Joko Kristanto

    Saya paham apa yang dimaksud oleh bapak Qurais. Tapi kalo soal bagaimana AQidah bapak Qurais saya tidak tau seperti apa sebenernya. Sunni Wahabi atau Syiah … Saya tidak tau kebenarannya. Semoga segera mendapat klarifikasi.

  • wagianto rahardjo

    ustad satu ini sama adiknya si alwi shihab sama2 ustad abal2nya…menyesatkan umat aja!!!

  • safety

    linknya kok beda yah?

  • E-1

    Cocoklah dia berkata begitu, tayangnya juga di Mtromini eh TV……..

  • kagomi

    dari dulu saya tidak “antusias”dengan tafsir quraish sihab, sejak dia berpendapat bahwa hijab itu tidak wajib, saya mulai berfikiran aneh tentang beliau. Persis dengan yang dilakukan putrinya Najwa Shibab, memakai pakaian yang seharusnya tidak untuk seorang anak ahli tafsir..ada beberapa tafsir dia yang menurut saya bertentangan dengan yang sebenarnya ada dalam perintah Alquran dan Hadist itu sendiri. Wallahu ‘alam

  • Hibban

    Beberapa hadits shahih menjelaskan bahwa Rasulullah dapat memberikan syafaat. Lalu logikanya kemana kalau beliau yang rahmatan lil alamin dan dapat memberikan syafaat tidak dijamin masuk Syurga…Aneh!. (ada suatu hadits shahih yang terjemahan kurang lebihnya sebagai berikut: Suatu malam Rasulullah sholat lail sampai kakinya bengkak.., Siti Aisyah menanyakan: “ya Rasulullah mengapa sampai bersusah payah begitu, padahal Engkau pasti/dijamin masuk Syurga”. Beliau menjawab: “Tidak bolehkah aku menunjukkan “Syukur/ terimakasih”ku kepada Allah”.

  • Mustafa Haji Alwy

    Tidak ada dalil eksplisit dalam Al Qur’an yang mendalilkan jaminan masuk surga bagi nama tertentu, termasuk nama Rasulullah, Muhammad SAW, kecuali jaminan bagi siapasaja yang yang beriman (yang benar/hak) serta beramal shaleh (taqwa). Mustafa Haji Alwy

  • dwie

    Memang betul,, yg dijamin masuk surga itu adalah,, hamba2 Allah yg Di Rahmati & Di RidhoiNYA (ALLAH)… Jd kl pingin masuk surga,, ketika menunaikan semua ibadah yg diperintakan oleh NYA & menjauhi semua laranganNYA,, hrs didasari dgn keikhlasan,, dan jgn mencari amal ibadah, krn itu jatuhnya mnjd tdk ikhlas… Coba jika surga n neraka tdk ada,, apa kalian semua msh mau menyembah Allah n bertaqwa kepada NYA????

  • Dian7

    Susah sih menilai beliu hanya dengan kadar ilmu yang sangat sedikit….yang suka caci yang suka hina taubat kalian karena kalian belum tentu lebih benar dan pintar dari beliau…

  • si layung

    MAHLUK DARI MANA KAMU OOY ASAL NGNGAP Z BICARA…GW BARU LIHAT TAU” NONGOL DI METROMINI….

  • dika

    Kenapa kalo setiap ada statemen kaya gitu pada langsung mencela.. Ambil pelajarannya mas.. Kalo manusia paling taat sma aturan Allah aja blm tentu masuk surga Apa lagi kta yg masi banyak ngelawan aturan Allah.. Komen kasar jga sangat tdk mencerminkan sifat seorg muslim saya rasa. Wasallam.. :)

  • Jamel Phelly
  • Indra Rialdi

    ilmunya lah yg membuat orang ini terhijab dgn Allah… iblispun dahulu demikian,ia merasa lebih tinggi ilmunya di banding dgn Nabi Adam…

Lihat Juga

Pemilik Surga Terindah