Home / Berita / Nasional / Aksi Munasharah, dari Malang untuk Palestina

Aksi Munasharah, dari Malang untuk Palestina

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Aksi Solidaritas Palestina oleh Aliansi Mahasiswa Malang Peduli Palestina. (Qonita)
Aksi Solidaritas Palestina oleh Aliansi Mahasiswa Malang Peduli Palestina. (Qonita)

dakwatuna.com – Malang.  Sabtu, 12 Juli 2014, telah berlangsung Aksi Munashoroh dan Penggalangan Dana untuk Palestina. Aksi tersebut didasari oleh rasa solidaritas dan rasa kemanusiaan oleh Aliansi Mahasiswa Malang Peduli Palestina.

Diantaranya yang ikut berpartisipasi adalah Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Malang Raya, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Daerah (KAMMDA) Malang, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas.

Tidak hanya sejumlah mahasiswa saja yang turut hadir dalam Aksi tersebut , beberapa elemen masyarakat hadir memadati bundaran Veteran di depan Kampus Universitas Brawijaya Malang.

Massa yang hadir kurang lebih berjumlah 400 orang, terdiri diantaranya mahasiswa, anak-anak, bapak-bapak dan ibu-ibu yang juga ingin merasakan manisnya ukhuwah dan ingin ikut berkontribusi untuk meringankan beban rakyat Palestina.

Aksi yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu, terrincikan dengan agenda : pembukaan, orasi dari beberapa pihak, pembacaan puisi, aksi teatrikal, shalat ghaib, doa dan penutupan. Orasi kali ini diwakilkan oleh Koordinator FSLDK Malang Raya, Ketua KAMMI Daerah Malang, mas Abdur (SUCI 3), dan dr. Fajar sebagai Kepala BSMI Kota Malang. Di sela-sela Aksinya, Koordinator FSLDK Malang Raya berkata “Ini bukan lagi peperangan, namun ini adalah pembantaian. Pembantaian yang sama sekali tidak memikirkan masalah Hak Asasi Manusia” ujar Achmad Riswan Ashadi.

Pada aksi tersebut berhasil terkumpul donasi sebanyak Rp 67.349.775,00, 5 Riyal, 10 Dollar Hongkong, 25 Euro, 100 Bath, 200 Reais. 2 gram cincin emas, dan 1 pasang anting-anting. Hasil dari Aksi Munasharah dan Penggalangan Dana untuk Rakyat Palestina akan disumbangkan melalui BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) Kota Malang. BSMI yang merupakan Lembaga Kemanusiaan yang netral dan independen, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan universalitas.

“Insya Allah kami akan mengirimkan kembali 4 buah ambulance untuk membantu meringankan beban rakyat Palestina”, ujar dokter Fajar sebagai Kepala BSMI Kota Malang. Penyerahan bantuan secara simbolik diberikan oleh Koordinator FSLDK Malang Raya, Achmad Riswan Ashadi kepada dokter Fajar sebagai Lembaga yang akan menyampaikan bantuan langsung kepada Rakyat Palestina.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut terlibat dan ikut berpartisipasi dalam kelangsungan acara ini. Kepada teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu, polisi yang turut mengamankan, dan rekan-rekan media yang meliput tanpa pamrih. Ini bukan lagi berbicara masalah perbedaan, bukan lagi berbicara mengenai sikap acuh, dan bukan lagi berbicara masalah jauh dan dekatnya jarak yang membatasi. Tetapi ini murni karena berbicara masalah nurani, kita semua sama dalam hal kepemilikan Hak Asasi Manusia. Semoga kita senantiasa berjalan di jalan kebaikan, karena sejatinya di jalan kebaikan-lah Allah sebagai Tuhan Semesta Alam peruntukan kebaikan pula bagi yang melakukannya. Jazakumullah ahsanal jaza. (nit/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Qonita Rizqi Darmawana
Mahasiswi S1 Universitas Brawijaya jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian. Jarmusda Malang Raya. Love travelling so much. Perantau dari Jakarta. SD-SMP-SMA Jakarta, lulus tahun 2010.

Lihat Juga

Aksi Damai 212

Pengalaman Luar Biasa saat Aksi #SuperDamai212