Home / Berita / Nasional / Apa Alasan Ulil Abshar Bela Karikatur The Jakarta Post?

Apa Alasan Ulil Abshar Bela Karikatur The Jakarta Post?

Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla. (rimanews,com)
Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla. (rimanews,com)

dakwatuna.com – Jakarta. Media berbahasa Inggris, The Jakarta Post menampilkan karikatur terkait Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memunculkan kontroversi bagi umat Islam di Indonesia. Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla menilai karikatur tersebut tidak menghina Islam.

[email protected] kritik dan ejekan terhadap ISIS sbg kelompok brutal yg membunuhi sesama Muslim. Bukan hinaan atas kalimah syahadat,” kata Ulil dalam akun Twitter pribadinya, @ulil, Selasa (8/7).

Ulil menilai memprotes karikatur The Jakarta Post dengan alasan telah menghina Islam tidak tepat. Protes ini, justru menimbulkan kesan bahwa umat Islam di Indonesia mendukung ISIS. Makna yang tepat untuk karikatur tersebut, lanjutnya, adalah ISIS yang membajak Islam dengan kalimat syahadat untuk menimbulkan teror.

Menurutnya pihak yang memprotes karikatur The Jakarta Post mungkin tidak mengerti konteks karikatur tersebut. Yang lebih tepat, ia menambahkan, justru umat Islam protes terhadap ISIS karena kelompok ini justru memperburuk luar biasa citra Islam.

Yang dilihat dalam karikatur The Jakarta Post, tambah Ulil, adalah bendera ISIS, bukan kalimat syahadat. Ia menduga masih banyak pihak yang belum mengetahuinya. Karikatur ini justru kritik dan ejekan terhadap ISIS sebagai kelompok brutal yang membunuhi sesama muslim.

“Gara2 ISIS, orang di luar Islam bisa punya kesan (saya bilang, BISA), Islam sama dengan agama yg isinya teror dan pembunuhan. ISIS justru bisa menghapus citra Islam yg rahmatan lil alamin yg digembar-gemborkan selama ini,” ucapnya.

Jadi, ia mengimbau seharusnya umat Islam protes pada ISIS sekeras-kerasnya karena telah membajak Islam, bukan malah memprotes kartun tentang ISIS di The Jakarta Post. “Sekali lagi bedakan antara bendera ISIS dan kalimah syahadat. Jangan dicampur-adukkan,” belanya. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 7,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Fulan

    Itulah alasan ane benci sama jil, ngaku Islam tapi membela sekuler. Tetapi aliran inilah yg berkembang di Indonesia dan sengaja dibiarkan berkembang dgn alasan ham…naudzubillah

  • abu yahya al indunissy

    Semoga engkau mendapat azab ulil laknatullah, itu bukan bendera isis saja itu adalah panji hitam bendera khilafah islamiyah.

  • bill nhuda

    Ulil Abshar laknattullah

  • Ori Barbarosa

    ulii abshar sepertinya bukan islam islam asli tp islam yg jadi musuh dlm selimut ,ganyang aja si ulil haramjaddah . . . . .

  • phvnthom007

    ulil abshar,dunia terlalu sempit untuk kau menutupi kebodohanmu,,engkau bisa membuat jutaan pembelaan terhadap para penghina agama kami,,tapi ingat siapkanlah dirimu saat hakim abadi meminta pertanggung jawaban atas pembelaanmu terhadap penghinaan agama kami,,semoga saja malaikat segera mencabut nyawa manusia sprt kamu,,dunia ini semakin hancur jika manusia sprt kamu masih hidup…

    • Nabila Danish

      aminnn….

    • Fardie Kasepz

      amienn… ya robalalamin

    • Feri Mahendra Kurniawan

      otak mu tuh yang sempit… Isis kog di bela… sinting…

  • Anton Akong

    hadeuhhhhh namanye juga JIL…….die islam tp bukan muslimmm

    • darularqam

      dia bukan muslim bukan pun islam, tapi Saudara Syiah

  • darularqam

    Ulil2 ko mulutmu ke pleset,,

  • abi ranto

    susah klau bicara sama org JIL

  • Sultan Raja Bungsu

    orang JIL MUnafik

  • Sultan Raja Bungsu

    JIL pemain sinetron bayaran penjajah melalui agama

  • aziz fathul

    JIL = jaringan Iblis Laknatullah

  • uzi

    ini lah salah satu contoh serigala berbulu domba, dia lebih senang klo agama nya di hina, na’udzubillahiminzalik…..

  • Ayi Kosasih

    SI SUING ULIL KACAU, ULIL SI JIL (JARINGAN ISLAM LAKNATULLOH)

  • Hanif Saiful M

    kalo ditujukan untuk ISIS kok gak spesifik ?

  • Arief Ora

    Dasar orang sumbing,

  • Jaka Jago Kandang

    aneh juga nih muslim yang satu ini…bang ulil selalu belain lawan kalau islam dihina…untung aja gue nggak sumbing…jadi nggak neko2

  • muhammad ridwan

    Bahkan aku lebih takut dari JIL, dari pada peluru ISIS

  • Ichfar Jaffar S

    Jika tidak ada ISIS mungkin keadaan di Suriah dan Irak bisa lebih parah dengan kebiadaban para pemimpin BONEKA AMERIKA bashar al assad. ISIS penentang amerika dan penegak Khilafah islam semoga dengan adanya ISIS umat islam bisa bersatu menghancurkan zionis dan Amerika Amiin …
    Islam tidak akan bersatu dengan FAHAM IDEOLOGI BARAT TIDAK AKAN PERNAH!

Lihat Juga

Serangan ke Charlie Hebdo Bahayakan Warga Muslim di Eropa