Home / Berita / Nasional / Naik Kelas Tiga SMK, Andhika Sudah Bisa Perbaiki Motor

Naik Kelas Tiga SMK, Andhika Sudah Bisa Perbaiki Motor

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Andhika Sukmara, Remaja yang bercita-cita jadi pengusaha bengkel.  (bwa)
Andhika Sukmara, Remaja yang bercita-cita jadi pengusaha bengkel. (bwa)

dakwatuna.com – Bekasi. Anda masih ingat dengan Andhika Sukmara? Remaja yang bercita-cita menjadi pengusaha bengkel motor tersebut. Pada 2012 nyaris tidak meneruskan sekolah ke tingkat menengah atas lantaran ketiadaan biaya. Setelah mendapat bantuan kaum Muslimin melalui program Indonesia Belajar (IB), ia pun dapat meneruskan sekolah ke SMK Al Bahri Bantar Gebang, Bekasi.

Sekarang, siswa jurusan mesin otomotif baru saja naik ke kelas tiga. Cita-citanya menjadi pengusaha bengkel motor yang sukses membuat semangatnya untuk mengaplikasikan ilmunya yang didapat di sekolah semakin gigih, terbukti ia kerap membetulkan sepeda motor milik kawan-kawannya di sekolah dan sekitar rumah.

Andhika tinggal di sebuah rumah kontrakan kecil di kelurahan Sumur Batu, Bantar Gebang dekat dengan lokasi tempat pembuangan akhir sampah. Kondisi ibunya Rustiati yang sering sakit-sakitan,  membuat Andhika prihatin serta memicunya untuk semakin giat belajar dan sering praktik memperbaiki motor agar kelak dapat membantu ekonomi ibunya dan menyekolahkan adiknya.

Dengan penuh semangat, berangkat sekolah meski menggunakan sepatu tambalan yang pernah jebol lantaran sudah lebih dari satu tahun, ia belum mendapatkan sepatu pengganti. Menjelang libur sepatu naas itu jebol lagi, bila tidak mengingat tekadnya untuk menjadi pengusaha bengkel, malu rasanya berangkat sekolah dengan kondisi seperti itu.

Di luar jam sekolah, selain memperbaiki motor, anak yatim sejak enam tahun lalu juga kerap membantu ibunya mencuci, menjemur dan menyeterika pakaian orang-orang yang mengupahnya.

Untuk meringankan bebannya, melalui program Indonesia Belajar (IB), BWA kembali mengajak kaum Muslimin membantunya agar dapat membeli sepatu dan perlengkapan sekolah serta melunasi biaya daftar ulang dan SPP selama setahun. Apalagi saat ini merupakan bulan Ramadhan yang penuh berkah, Allah SWT akan melipatgandakan pahala ibadah sunah Anda ini seperti pahala ibadah wajib. (BWA/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Badan Wakaf Al-Quran
Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat.

Lihat Juga

Saat Ust.Hari Moekti memberikan tausiyah kepada para Jamaah Masjid Jami Aliyah.  (bwa)

Suasana Ramadhan sudah Terasa di Masjid Jami Aliyah

Organization