Home / Berita / Nasional / Tanpa Rasa Malu, Pendukung Jokowi Makan dan Minum di Konser Salam 2 Jari

Tanpa Rasa Malu, Pendukung Jokowi Makan dan Minum di Konser Salam 2 Jari

Capres Joko Widodo (antaranews.com)
Ilustrasi – Capres Joko Widodo (antaranews.com)

dakwatuna.com Konser salam dua jari di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di bulan Ramadhan berjalan dengan tertib dan lancar, Sabtu (5/7/2014). Ribuan massa simpatisan pendukung capres no urut dua Jokowi-JK antusias dalam konser tersebut.

Namun, di lapangan, terdapat massa simpatisan pendukung Jokowi yang melakukan aktivitas makan, minum dan merokok saat jam-jam berpuasa. Padahal, seperti diketahui konser salam 2 Jari dilaksanakan pada bulan Ramadhan, demikian seperti dilaporkan oleh Republika.

Pada beberapa titik sektor pintu stadion GBK, dengan mudah terlihat terdapat massa simpatisan pendukung Jokowi-JK yang makan dan minum. Tanpa rasa malu dan sikap yang dingin. Massa simpatisan dengan santai makan dan minum.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (48 votes, average: 6,98 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • orang bijak

    Bulan yang suci dan penuh rahmat ini seharusnya di isi dengan banyak-banyak ibadah dan berzikir, jangan lah dikotori

  • salam jari tengah

    saya muslim dan saya malu yang harusnya media yang mengatas namakan media dakwah mengapa harus ghibah, ambil rasional nya saja, apakah di negara ini hanya ada muslim dan apakah yang makan dan minum di GBK juga muslim, memang sudah sifat nya manusia apabila mendapatkan omongan akan dilebih lebihkan,

    • Bayu Khairul

      lah kan sekarang bulan ramadhan masa’ gak malu makan diliat orang? walalupun nonmuslim masa’ gak menghormati muslim yang sedang berpuasa?

      • Dani

        Om Bayu mengerti g tujuan berpuasa?
        Apakah ada hukum islam yg melarang org lain makan dan minum di dpn org yg berpuasa?
        Jadi klo krn hawa nafsu qta sendiri g bisa di kendalikan mengapa menyalahkan org lain yg sdg mkn dan minum krn mereka tidak berpuasa…?

        Aneh cara mu berpikir

        • Yayu Asnaini

          pak doni indonesia yang mayoritas Islam, makan di depan umum ketika orang lain sedang
          berpuasa adalah sebuah tindakan provokatif, tidak menghargai dan
          mengejek orang yang sedang berpuasa: “Nih saya tidak sedang berpuasa,
          mau apa kamu. Kamu tidak ada hak untuk memaksa saya berpuasa. Puasa
          adalah urusan pribadi.”

          Betul … ! Puasa adalah urusan pribadi. Mau tidak puasa atau
          puasa itu adalah urusan dia dengan Allah. Asalkan … ada syaratnya
          yaitu selama dikerjakan di tempat tersembunyi (di rumah dia misalnya),
          maka orang tidak peduli dia berpuasa atau tidak. Namun kalau dia
          menunjukkan ketidakpuasaannya di depan umum, maka itu sudah masuk ke
          ranah publik. Kalau sudah masuk ke ranah publik, maka hukum Islam untuk
          kemaslahatan umat mulai berbicara.

          Tidakkah anda menemukan ibu anda, saudara-saudara perempuan anda,
          ketika sedang tidak berpuasa, makan sembunyi-sembunyi di dapur? Ini
          bukan karena mereka menganggap anda bakalan tergoda dengan aksi makan
          mereka. Bukan … ! Mereka yakin anda tidak bakalan tergoda, karena
          berpuasa itu bukan sekedar menahan makan dan minum, tapi lebih dari itu.
          Namun mereka menghargai anda yang sedang berpuasa. Kadang-kadang
          sangking menghargai, mereka ikut juga makan sahur.

          • jeberok

            “Kalau sudah masuk ke ranah publik, maka hukum Islam untuk
            kemaslahatan umat mulai berbicara.” hukum di negara ini bukan untuk hukum Islam, ada UUD ada KUHP ada perdata dan lain-lain. jelas?

            “Tidakkah anda menemukan ibu anda, saudara-saudara perempuan anda, ketika sedang tidak berpuasa, makan sembunyi-sembunyi di dapur?” ini konteksnya sudah berbeda, ini di ranah publik, saya tidak kenal Anda, Anda tidak kenal saya, saya lagi makan di restoran, Anda lewat melihat saya makan, Anda akan memarahi saya?

          • Budiono †ri

            sudah2, malah berantem. Yesus dan Nabi Muhammad turun ke bumi biar damai, bukan biar kalian saling pinter2an.

          • Indra Pratama

            manja kali kau ni? kek anak kelas 4 SD aja sedang puasa ada yg makan
            lalu marah2? coba deh puasanya jgn hanya nahan haus dan lapar , tp nahan
            nafsu kebinatangannya jg yg bikin cepet emosi tu

          • Solah Uddin

            ya udah mungkin mereka ga puasa karena belum baliq, mungkin sakit, mungkin gangguan jiwa, atau dia non muslim

    • Prabu Ol

      melihat PP nya saja sudah bisa diliat sifat orang ini

    • Yayu Asnaini

      mungkin banyak yang bukan muslim tapi setidaknya menghargai

    • Dosso Sang Isahi

      Setuju!

  • Nissa Permata

    Sirik ae situ jadi orang :D

  • Ori Barbarosa

    inilah sifat jawa sebenarnya ,ga da MALU dan ga takut dgn ALLAH SWT ,inilah pendukung calon presiden yg sama dg pendukung nya . . . . .

    • Dian

      Urat malunya udah putus tuh mas, katanya menghargai perbedaan. Kenyataannya ‘suka-suka gw ‘juga. heheheheh

  • mas_unggul

    berbaik sangka aja mas, kriteria orang yg tak berpuasa , belum baliq, mungkin sakit, mungkin gangguan jiwa, atau dia non muslim, kita tidak perlu berlebihan mudah-mudah di ridhoi allah , salam tauhid satu jari

  • Guest

    jangan suudzon…dulu sya yakin simpatisan yang mendukung Jokowi itu terutama yang ketahuan makan-makan pasti orang non muslim yang ngga punya kewajiban puasa..

  • Abitd

    Saya bingung sama yang nyindir orang orang makan di #KonserSalam2Jari GBK. Ini kan Indonesia. Beragam agama. Sedangkan yg tidak beragama Islam kan boleh makan.

    • Dosso Sang Isahi

      Setuju bro!

    • Nandul Al Banjari Kasurupan

      tp dmn rasa saling menghormatinya mas,,,,

    • Indra Pratama

      manja kali kau ni? kek anak kelas 4 SD aja sedang puasa ada yg makan
      lalu marah2? coba deh puasanya jgn hanya nahan haus dan lapar , tp nahan
      nafsu kebinatangannya jg yg bikin cepet emosi tu, ibadah kok minta dikasihani

  • Dosso Sang Isahi

    Emang kenapa harus malu. Emang mereka gak puasa kok. Yang harus malu tu malah yang puasa yang selalu minta dihormati dan dipahami. Kenapa yang puasa kok gak mau memahami juga mereka yang gak puasa?
    Kalau dipikir2 yang sebenarnya berpuasa adalah mereka yang gak puasa. Mereka yang gak puasa harus sabar melihat orang puasa meludah berulangkali, harus ikut menahan haus dan lapar karena banyak warung tutup, harus menghormati yang puasa dengan makan minum merokok secara sembunyi, harus menahan nafas karena bau mulut, harus ikut merasakan peningkatan harga bahan pokok. dll
    Bagaimana dengan para muslim yang puasa di negara kapir Amerika – Eropa sana? Apakah juga selalu minta dihormati?
    Lalu apa manfaat dan pahalanya apa kalau berpuasa tapi pikirannya gak puasa karena selalu menuntut dihormati dan dipahami? Dari dulu masalah puasa jadinya hanya masalah ritual saja dan tidak bisa menyentuh makna religi…

    • Dhona Rahman Alfarizy

      kalo gitu saya mau menyembelih sapi di bali,, boleh kannnn

      • Dosso Sang Isahi

        Oh boleh saja :) silahkan. Ngebom aja boleh kok apalagi cuma nyembelih sapi :)

    • mario

      dulu ada kisah seorang pemuka agama nasrani ( kristen ) anaknya makan dan minum di depan org muslim yg sedang berpuasa lalu pemuka agama tersebut marah hebat pak dosso,,, itu contoh org non muslim yg hebat pak

      • Dosso Sang Isahi

        Konteks “makan dan minum di depan org muslim yg sedang berpuasa” itu bisa macem2. Saya yakin non muslim udah tahu sendiri bahwa mereka juga punya sungkan dan menjaga untuk tidak makan dan minum di depan orang puasa. Tapi makan dan minumnya dimana?
        Contohnya di Indomart itu ada rest area. Terus misalnya saya makan snack dan minum di sana sementara ada orang puasa juga istirahat di sana, apakah saya salah? Apakah saya harus membatalkan makanan saya? Apakah saya dianggap tidak menghormati mereka yang puasa?
        Sebenarnya tanpa digembar-gemborkan minta dihormati pun non muslim tahu diri kok untuk tidak sengaja makan dan minum di depan orang puasa.
        Kalau niatnya memang puasa, harusnya godaan apa pun gak masalah. Tapi kalau sudah tercemari egoisme religi ya lain ceritanya.
        Menurut pendapat saya sebaiknya saling menghormati. Non muslim yang tidak puasa menjaga diri, yang puasa juga harus menghormati yang ga puasa. Jangan mentang2 puasa lalu orang yang makan minum dianggap tidak menghormati. Cetek banget konsepnya.

        • indah

          berarti anda tidak memahami bagaimana cara menghargai agama lain…ckck..pantes aja nama anda dosso..kalo di bahas padang, dosso itu artinya dosa….

          • Dosso Sang Isahi

            Nah, inilah ciri khasnya. Anda memvonis saya gak tahu cara menghargai agama lain. Padahal pada komen di atas saya tulis sebaiknya saling menghormati. Yang mau makan silahkan makan yang puasa silahkan puasa.

            Jadi sebenarnya Anda itu yang gak bisa memahami omongan orang dan cenderung beridir di satu pihak.
            Juga jangan sok tahu masalah nama. Kamu gak tahu arti nama saya karena kamu bukan orang Jawa. Kalau saya percaya bila nama Indah seharusnya orangnya indah, otaknya juga indah. Ternyata gak begitu.
            Peace!

    • Mutaal

      Betul sekali….saya sangat setuju dengan pendapat Bang Dosso. kalau melakkukan ibadah puasa hanya ingin dihormati dan hanya ingin dibilang ‘alim berarti itu “puasanya bukan karena Allah,tapi karena riak.

  • Abdurrahman Siddiq

    emang pendukung jokowi, sama dgn jokowi-nya kok. tidak merasa malu
    mau saja di atur megawati, padahal di PDIP itu yang laku dijual hanya jokowi

    sedangkan jokowi, sudah ke ge’eran. padahal cuman dijadikan megawati sebagai anjing kurap. ambisi politik megawati
    kalau ingin punya presiden, yg mau diatur orang lain, pilih Jokowi
    alasannya kenapa? karena semua sudah tau dengan karakter megawati, sudah tua ga tobat2

    • Dosso Sang Isahi

      Yang penting toto tentrem kerto raharjo. Sandang pangan murah. Orang jadi penuh empati dan jujur.
      Biar boneka biar mainan yang penting bersih dan jujur. Prinsipnya orang baik milih orang baik.
      Peace!

  • Conan MaulanaAs-Sudais

    iyaa bner pd kg sopan jg yee… tpi ambil pikir positifnye aj om n tante!!!

    mungkin mereka adalh para passien pak jokowi yg baru mau direvolusi mentalnya, di gbk dam rangka antri mengantri .

  • Mutaal

    Saya salah seorang muslim yang belum begitu mendalami ilmu agama, namun kita harus ingat bahwa dinegara kita ini ada bermacam-macam agama, siapa tahu yang makan dan minum itu bukan orang muslim. Dan kita jangan saling menghujat, yang kita perlukan adalah : 1.Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, 2.Joko Widodo-Yusuf Kalla. (1.Kutuhanan Yang Maha Esa. 2.Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. 1+2=3.Persatuan Indonesia).

  • ndjen

    sudah sudah jangan berantem piss ah .amaluna amalukum aja

  • ULUKHUTECK

    jelas dari salam dua jari juga sudah memperlihatkan bukan umat Islam !

  • jauzalahfah

    maaf saya kecewa atas berita ini, mungkin mereka memang sedang tidak berpuasa, bagi kita yang berpuasa menghargai orang yang tidak berpuasa juga perlu, bukan hanya ingin dihargai tapi tidak mau dihargai. tidak seharusnya kita marah2 karena mereka makan dan minum, bukankah itu justru menambah pahala puasa kita ketika kita tidak tergoda untuk makan dan minum juga????

Lihat Juga

Pentingnya Makanan yang Halal dan Thayyib untuk Kesehatan